17 March 2020, 07:24 WIB

AS Mulai Uji Cobakan Vaksin Virus Korona ke Manusia


Basuki Eka Purnama | Internasional

UJI coba vaksin virus korona ke manusia untuk mengevaluasi keefektifan vaksin itu telah dimulai di Seattle, Amerika Serikat (AS). Hal itu diungkapkan otoritas kesehatan AS, Senin (16/3).

Namun, kemungkinan masih dibutuhkan waktu satu tahun hingga 18 bulan ke depan sebelum vaksin itu tersedia untuk publik karena harus menjalani uji coba untuk memastikan vaksin itu aman dan efektif.

Vaksin yang diberi nama mRNA-1273 itu dikembangkan Institut Kesehatan Nasional AS (NIH) di perusahaan bioteknologi Moderna yang bermarkas di Cambridge, Massachusetts.

Baca juga: Malaysia Berlakukan Lockdown Dua Pekan, Begini Aturannya

"Uji coba vaksin ini akan melibatkan 45 relawan dewasa sehat berusia antara 18 dan 55 tahun selama kurang lebih 6 pekan," ujar NIH. "Relawan pertama telah menerima vaksin pada hari ini."

Pendanaan untuk penelitian vaksin diberikan oleh Koalisi untuk Inovasi Menghadapi Epidemi (CEPI) yang bermarkas di Oslo.

Hingga saat ini, belum ada vaksin atau obat melawan virus korona atau Covid-19 yang telah menginfeksi lebih dari 175 ribu orang di dunia sejak diidentifikasi di Tiongkok, akhir Desember lalu.

Virus itu telah menewaskan sekitar 7 ribu orang, mayoritas di Tiongkok disusul Italia. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT