17 March 2020, 07:06 WIB

Taman Wisata Gunung Ijen Tutup


Usman Afandi | Nusantara

Taman Wisata Alam (TWA) gunung Ijen yang berbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur resmi di tutup.

Penutupan tersebut diumumkan melalui surat edaran SE.338 / K2 / BIDTEK.1 / KSA/3/2020 yang dikeluarkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Derektorat Jendaral Konservasi Sumber Daya Alam Da Ekosistem, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur, tentang penutupan kawasan Taman Wisata Alam (TWA) gunung Ijen.

Menurut Kepala BKSDA Wilayah III Jember, Setyo Utomo, penutupan TWA Gunung Ijen itu merupakan imbas dari wabah virus korona (covis-19).

‘’Memang benar, kita umumkan penutupan TWA Ijen,’’¬ĚKata Setyo, kemarin.

Dalam edaran surat tersebut disebutkan penutupan mulai berlaku Senin,(16/3) hingga  29 Maret 2020 mendatang. Sehingga, pihaknya pun meminta maaf kepada segenap wisatawan yang ingin pergi ke Ijen tidak bisa dan di tunda terlebih dahulu.

‘’Kami memohon maaf kepada semua wisatawan yang tidak bisa menikmati keindahan Ijen. Kita akan kembali membuka pada 29 Maret nanti," sambungnya.

Terkait dengan kunjugan wisatawan baik domestik maupun asing katanya, pihaknya mengakui dampak covid-19 kunjugan wisatawan mengalami penurunan.

‘’Memang saat ini lagi menurun. terutama bulan Maret, Seiring dengan adanya virus korona," pungkasnya.(OL-2).

 

BERITA TERKAIT