17 March 2020, 06:15 WIB

UEFA Putuskan Nasib Piala Eropa 2020 Hari Ini


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PIALA Eropa 2020 bisa ditunda selama satu tahun dengan segala konsekuensinya. Hal itu akan diputuskan saat UEFA menggelar pertemuan darurat, Selasa (17/3), saat Eropa menghadapi wabah virus korona.

Federasi Sepak Bola Eropa itu akan menggelar rapat lewat videoconference dengan perwakilan dari 55 negara anggota mereka serta seluruh klub dan perwakilan pemain Eropa. Kemudian, UEFA akan menggelar sidang komite eksekutif pada pukul 13.00 GMT (20.00 WIB) di markas mereka di Swiss.

Nasib Piala Eropa 2020 yang seharusnya digelar di beberapa kota berbeda di Eropa mulai 12 Juni hingga 12 JUli akan dibahas bersama dengan Liga Champions dan Liga Europa.

Baca juga: Mancini Setuju jika Piala Eropa Digelar pada 2021

Skenario terburuk yang disiapkan Presiden UEFA Aleksander Ceferin ketika dia berbicara di kongres organisasi itu di Amsterdam, dua pekan lalu, akan dipertimbangkan dalam pertemuan tersebut.

Seluru kompetisi di negara-negara Eropa dihentikan pada pekan lalu. Adapun UEFA menghentikan Liga Champions dan Liga Europa saat kedua kompetisi itu masih di tahap 16 besar.

Eropa kini menjadi pusat wabah virus korona dengan Italia dan Spanyol di-lockdown, Prancis segera menyusul, dan sejumlah negara menurup perbatasan mereka untuk mencegah penyebaran Covid-19 itu.

Lebih dari 1.800 orang telah tewas di Italia, negara yang akan menggelar laga pembuka Piala Eropa 2020 di Roma. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT