17 March 2020, 04:40 WIB

Anggota Panwaslu Dituntut Bekerja Profesional


MI | Nusantara

SETELAH dilantik pada pekan lalu, sebanyak 239 anggota panitia pengawas pemilu (Pan­waslu) kelurahan dan desa di Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) menyatakan siap be­kerja. Di setiap kelurahan atau desa terdapat satu anggota Panwaslu.

Ketua Bawaslu Purbalingga, Imam Nurhakim, mengatakan pihaknya telah memberikan pengarahan kepada seluruh anggota Panwaslu kelurahan dan desa.  “Di Purbalingga terdapat 239 anggota yang bertugas di 239 kelurahan dan desa. Jadi, tiap-tiap kelurahan dan desa ada satu petugas Panwaslu.”

Dia mengungkapkan, pihak­nya telah meminta kepada anggota Panwaslu desa dan kelurahan untuk membaca dan memahami aturan. “Sebab, aturan itulah yang me­nuntun dalam melaksanakan tugas di lapangan.”

Terpisah, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyatakan akan bersikap netral pada Pilkada 2020. Namun, secara personal, KNPI menyerahkan sepenuhnya hak politik ke tiap-tiap pengurus­ dan anggota. Mereka menentukan sendiri calon pemimpin daerah untuk lima tahun ke depan.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Cianjur terpilih, Riksa Iman Pribadi, menegaskan hal itu di sela acara Musyawarah Daerah (Musda) KNPI pekan lalu.
Sebelum Musda tersebut di­gelar, sikap KNPI Kabupaten Cianjur sempat menjadi pertanyaaan dari setiap peserta yang terdiri dari organisasi ke­mahasiswaan, organisasi kepemudaan, dan organisasi sayap partai.

Namun, sesuai anggaran dasar/anggaran rumah tangga serta peraturan organisasi,  tegas Riksa, sikap KNPI pada pilkada adalah independen dan aktif.

Terkait dengan pilkada serentak­, di Bangka Belitung, empat kabupaten akan melaksanakan pilkada. Partai Demokrasi Indonesia (PDI) sebagai partai penguasa di Babel, menyatakan tidak mau serakah. Mereka hanya menginginkan posisi calon wakil bupati di pilkada Belitung Timur.

“Di Bangka Barat, Bangka Selatan, dan Bangka Tengah, kami ingin posisi calon bupati. Di Belitung Timur, kami tidak berambisi untuk nomor satu,” ujar Wakil Bendahara Umum DPP PDIP, Rudianto Chen. (LD/BB/RF/N-3)

 

 

 

BERITA TERKAIT