16 March 2020, 18:00 WIB

Terkendala Usia Kuda, Pordasi Tetap Gelar Kejurnas Pacuan Kuda


Ghani Nurcahyadi | Olahraga

PENGURUS Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) menggelar Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda 2020 di Gelanggang Pacuan kuda Sultan Agung Bantul, Yogyakarta, Minggu (15/3).

Ketua Umum PP Pordasi Triwatty Marciano mengatakan, pihaknya tidak bisa serta-merta menunda ajang yang jadi agenda kepengurusannya itu karena terkendala usia kuda.

Kuda yang bertanding pada Kelas Derby tidak boleh lebih dari 3 tahun, sehingga jika dimundurkan akan banyak calon peserta yang gagal karena melebihi umur tersebut.

Meski demikian, Triwatty mengaku pihaknya menerapkan prosedur keamanan dan kebersihan ketat agar tidak ada yang tertular virus korona Covid-19. Prosedur itu pun harus dijalani semua orang dalam arena pacuan kuda tersebut.

 

Baca Juga:  Meski Gagal Juara All England, Kevin/Marcus Tetap Bersyukur

 

"Kejuaraan nasional tidak bisa diundur karena usia kuda, yang penting sampai perhatikan kebersihan," kata Ketum PP Pordasi Triwatty Marciano dalam keterangan tertulisnya.

Kejuaraan itu jadi seri perdana dari tiga seri kejuaraan yang memperebutkan Piala Tiga Mahkota (Triple Crown) . Dua seri lainnya dijadwalkan akan digelar pada Mei dan Juli mendatang. Perbedaan ketiga seri itu ada pada jarak lomba.

"Seri 1 jaraknya 1.200 meter, seri 2 jaraknya 1.600 meter, dan seri 3 berjarak 2.000 meter," kata Triwatty seraya menambahkan 19 kelas lain selain kelas Derby yang dilombakan di Kejurnas.

Kepala Bidang Humas PP Pordasi Dini Hari Usman mengatakan, pihaknya akan segera memasyarakatkan olahraga berkuda setelah wabah Covid-19 berakhir.  (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT