16 March 2020, 18:25 WIB

Presiden Jamin Stok Sembako Aman Hadapi Puncak Covid-19


Dhika kusuma winata | Ekonomi

PRESIDEN Joko Widodo menegaskan pemerintah sudah menyiapkan kebijakan untuk memastikan stok kebutuhan pokok aman dalam menghadapi masa puncak Covid-19. Masa puncak tersebut diprediksi terjadi pada bulan Ramadan hingga Idul Fitri.

"Mengenai (masa) puncak itu sekali lagi saya sudah perintahkan Menko Perekonomian, Menteri Perdagangan, Bulog, agar menjaga stok barang terutama sembako," ujarnya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3).

Presiden menyatakan pemerintah telah mempersiapkan diri mengamankan stok kebutuhan pokok untuk masyarakat di tengah wabah Covid-19 saat ini.

"Semua sudah dihitung. Bahan-bahan pokok betul-betul tersedia dan siap, terutama melalui Bulog. Baik berupa beras, bawang putih, gula, semuanya sudah disiapkan dan sudah diperintahkan 2 minggu yang lalu," ucap Jokowi.

Badan Intelijen Negara (BIN) sebelumnya memproyeksikan masa puncak penularan virus korona akan terjadi beberapa bulan ke depan yakni 60-80 hari setelah munculnya kasus pertama. Adapun kasus positif pertama di Indonesia diumumkan pada 2 Maret lalu. Berdasarkan simulasi BIN, masa puncak diprediksi terjadi pada Mei mendatang menjelang hari raya Idul Fitri.(OL-4)

BERITA TERKAIT