16 March 2020, 16:59 WIB

Cegah Korona, DPR Sarankan Aktivitas Massa Dibatasi


Bayu Anggoro | Nusantara

DPR RI meminta adanya pembatasan aktivitas keramaian untuk meminimalkan penyebaran virus Korona (Covid-19). Salah satunya kegiatan olahraga yang dipastikan selalu menyedot banyak penonton.

Hal ini disampaikan anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Muhammad Farhan terkait wabahnya virus Korona. Dia menilai, agenda olahraga di Tanah Air yang selalu menyedot banyak penonton membuka lebar penularan virus yang awalnya berasal dari Wuhan, Tiongkok itu.

Baca juga: Waduh, Virus Korona sudah Menyebar di 8 Provinsi ini

Bukan hanya sepakbola, menurutnya kompetisi olahraga lainnya pun harus ditunda sementara waktu hingga wabah ini tuntas.

"Ini sudah enggak main-masin. Kebayang dalam satu ruangan adan puluhan orang, terus ada satu saja positif," kata Farhan dalam keterangan persnya, Senin (16/3).

Selain itu, Farhan juga meminta semua unsur pemerintah harus tegas dan berani untuk menjamin hak-hak pasien.

"Harus tegas dan berani dalam memberi ketenangan dan keamanan bagi warga. Jangan sampai warga dibuat bingung dengan perkembangan penyebaran virus Korona," katanya.

Dia mengeluhkan adanya pemegang kebijakan terutama di daerah yang tidak tanggap terhadap persoalan ini.

"Saya bicara dengan Gubernur Jabar, Wali Kota Bandung, serta pemilik klub liga 1. Mereka saling melempar untuk meminta pihak lain bikin aturan larangan dan penghentian liga 1, karena takut diserang kelompok penggemar," katanya.

Farhan pun mengaku sudah melayangkan protes terkait ini kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga. "Saya sudah protes kepada Sesmenpora bahwa keputusan rapat koordinasi enggak tegas sama sekali. Makanya saling lempar," katanya. (BY/A-1)

 

BERITA TERKAIT