16 March 2020, 15:57 WIB

Ketua DPRD Poso Desak Pemda Ambil Langkah Preventif


Mitha Meinansi | Nusantara

MENYIKAPI situasi berkembang saat ini, di mana penyebaran virus korona (covid-19) semakin menjadi, seakan mempersempit ruang gerak kita. Secara umum, sudah terdapat lebih dari 100 kasus Korona terjadi di Indonesia. Sementara di Sulawesi Tengah, terdapat puluhan orang yang sedang dalam pengawasan.

Sebagai salah satu daerah yang memiliki sejumlah destinasi wisata, yang memungkinkan mendatangkan tamu dari luar, Ketua DPRD Kabupaten Poso Sesi KD Mapeda, meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Poso cepat mengambil langkah preventif dan strategis, sebagai upaya mengantisipasi agar covid-19 tidak masuk ke wilayah Kabupaten Poso.

Selain itu Sesi Mapeda juga meminta agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik. "Intinya kita harus cepat mengambil langkah preventif dan strategis untuk antisipasi, agar covid-19 tidak masuk ke wilayah Kabupaten Poso. Kami mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak panik," ujar Sesi Mapeda Kepada Media Indonesia, saat dikonfirmasi Senin (16/3).

Baca Juga: Di Banten, Pemeriksaan Covid-19 Gratis

Pucuk pimpinan di Gedung Siwagi Lembah Poso itu, sudah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Poso. Ia menginginkan agar masyarakat secepatnya mendapatkan edukasi yang komprehensif dan benar mengenai covid-19.

"Itu merupakan salah satu langkah prenventif atau pencegahan, agar masyarakat Poso mendapatkan pengetahuan bagaimana lebih dini mengetahui cara pencegahannya," tutur kader Partai Golkar itu.

Di tengah situasi saat ini, menurut Sesi Mapeda, sangat perlu adanya pemahaman pengetahuan untuk pencegahan yang dilakukan secara mandiri. "Sangat wajar bila masyarakat merasa kuatir mendengar kabar virus Korona memiliki kecepatan menyebaran yang tinggi," tandasnya.

Baca Juga: Hendak Diisolasi Pasien Terduga Covid-19 di Kudus Kabur

Kegalauan dan rasa kuatir yang muncul, membuat DPRD Kabupaten Poso sudah melakukan koordinasi dengan Pemda Poso. Menurut Sesi Mapeda, hasil dari koordinasi dengan pihak terkait, saat ini  Pemkab Poso telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Virus Korona (Covid-19).

Satgas tersebut akan bertugas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Salah satu tugasnya adalah memberikan edukasi yang benar kepada masyarakat.

Sebagai salah satu pencegahan terhadap masuk dan berkembangnya virus korona, Ketua DPRD Poso itu, menghimbau dan meminta masyarakat Poso, bersama-sama dapat mengatasi dan mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Dengan cara mengurangi aktifitas di tempat keramaian, meningkatkan pola hidup bersih dan sehat, menjaga kebugaran tubuh, serta membiasakan
mencuci tangan setiap akan dan sebelum bersentuhan dengan orang lain, diyakini efektif menangkal virus Korona,'' aku Sesi Mapeda.

Ia juga meminta kepada masyarakat Sulawesi Tengah, khususnya di Kabupaten Poso, agar tidak segan atau malu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, bila merasa memiliki gejala yang mengarah pada Korona. (MT/OL-10)

BERITA TERKAIT