16 March 2020, 15:50 WIB

Berkas Administrasi Dua Calon Wagub Telah Memenuhi Syarat


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Berkas administrasi dua calon wakil gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis dinyatakan telah memenuhi syarat oleh panitia pemilihan (panlih). Salah satu berkas perbaikan yang telah memenuhi syarat ialah surat pengunduran diri Riza Patria sebagai anggota DPR RI.

"Dengan menimbang dan mencermati masukan panitia pemilihan dan saya juga yakin sudah sudah sesuai landasan hukum, maka surat pengunduran diri atas nama Riza Patria dari anggota DPR saya nyatakan sudah memenuhi syarat," ujar Ketua Panlih dari Fraksi PAN Farazandi Fidinansyah dalam rapat kerja di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Senin (16/3).

"Dokumen administrasi dari Nurmansjah Lubis juga telah memenuhi persyaratan," tambahnya.

Namun, sebelum memutuskan itu, anggota panlih dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Achmad Yani menolak bahwa berkas administrasi cawagub dari Gerindra Riza Patria itu sudah rampung. Ia menuturkan bahwa surat pengunduran diri Riza belum ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

"Kan harus dicek dulu ini betul tidak sudah ditandatangani. Kalau enggak kan menyalahi aturan. Pokoknya saya enggak setuju ya dengan keputusan ini," tegas Yani saat rapat berlangsung.

Farazandi mengatakan hal itu diperbolehkan saja apabila ada anggota menolak keputusan itu. Pasalnya, keputusan yang diambil Farazandi didukung oleh Wakil Ketua Panlih dari Fraksi Golkar Basri Baco, Anggota Panlih dari Gerindra S. Andyka dan anggota lainnya.

Baca juga: Panlih tidak Libatkan KPK dalam Pemilihan Wagub DKI

"Tadi kami banyak diskusi tentang prosesnya. Sudah memenuhi tata tertib atau belum. Kami sudah bahas dan saya rasa argumentasinya kuat, landasan hukumnya sudah kuat. Jadi, kami sudah putuskan bahwa itu sudah memenuhi persyaratan," kata Farazandi.

Soal belum ditandatanganinya surat pengunduran diri Riza oleh presiden, Farazandi berkilah bahwa itu tidak diatur dalam tata tertib. Ia hanya menekankan bahwa pihaknya sudah mendapatkan surat pengunduran diri Riza yang ditandatangani pimpinan DPR RI.

"Tidak ada keterangan harus dari keputusan presiden. Tidak ada keterangan itu. Maka kami tidak ingin terjebak dengan diksi tersebut. Diksinya sudah sangat jelas, keputusan dari instansi terkait (DPR). Surat yang disampaikan itu sudah cukup relevan," tandas Farazandi.

Setelah berkas administrasi persyaratan cagub dinyatakan selesai, kata Farazandi, tahapan selanjutnya adalah wawancara tertutup dengan kedua calon. Wawancara itu soal verifikasi faktual atas dokumen yang telah diserahkan oleh calon. (OL-14)

BERITA TERKAIT