16 March 2020, 15:07 WIB

Perusahaan Butuh Waktu Penyesuaian Karyawan Bekerja di Rumah


M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi

Wakil Ketua Bidang Ketenagakerjaan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Bob Azam, menilai bahwa perusahaan membutuhkan waktu untuk melaksanakan instruksi Presiden Joko Widodo terkait Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di rumah dengan menggunakan interaksi daring.

"Diumumkan baru kemarin. Jadi butuh waktu untuk adjust (penyesuaian). Tentu kita harus support pemerintah. Kalau nggak diatur malah confusing (bingung)," kata Bob saat dihubungi, Senin (16/3).

Meski begitu, Bob yakin bahwa setiap karyawan yang bekerja di kantor merupakan karyawan penting dan vital bagi perusahaan. Selebihnya bekerja di rumah.

"Kita harus support pemerintah nggak boleh egois, tapi bagian tertentu yang vital tetap jalan dan beroperasi," ujar Bob.

Selain itu dirinya berharap adanya kebijakan dari pemerintah terkait pembatasan transportasi umum, sehingga tidak terjadi lagi penumpukan pada jam keberangkatan kerja pagi tadi.

"Mudah-mudahan bisa melahirkan pengaturan yang lebih baik lagi," ucap Bob.

Sebelumnya, dalam merespons wabah Covid-19 di Indonesia, Presiden Jokowi meminta sekolah dan ASN bisa bekerja di rumah dengan interaksi daring.

"Membuat kebijakan tentang sebagian ASN bisa bekerja di rumah dengan menggunakan interaksi online, dengan tetap mengutamakan pelayanan yang prima kepada masyarakat," kata Jokowi dalam pernyataan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu  (15/3). (E-3)

BERITA TERKAIT