16 March 2020, 14:48 WIB

Antisipasi Korona Kalsel Tutup Sejumlah Obyek Wisata


Denny S | Nusantara

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menutup sejumlah obyek wisata di wilayah tersebut sebagai langkah antisipasi penyebaran virus korona. Puluhan orang di Kalsel dalam status pemantauan karena diduga terpapar virus korona.

Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq, Senin (16/3) mengatakan, penutupan obyek wisata tersebut merupakan langkah untuk menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat. "Pada masa penutupan ini kita juga sekalian melakukan pembersihan dan perbaikan berbagai fasilitas di lokasi wisata. Selain itu kita juga telah menunda berbagai kegiatan dinas," ungkapnya.

Obyek wisata yang ditutup sementara itu antara lain, obyek wisata alam Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam Mandiangin dan wisata Bukit Batu Sungai Luar Kabupaten Banjar. Dua obyek wisata andalan Kalsel ini  ditutup selama 14 hari hingga 29 Maret mendatang.

Baca Juga: Cegah Korona Menyebar, Wisatawan Asing di Bandung Barat Dibatasi

Pada bagian lain Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi menyebutkan hingga kini sebanyak 32 orang dalam pemantauan (ODP)
virus korona di Banjarmasin, sejak Januari hingga Maret 2020. Dari total ODP tersebut sebanyak 22 orang dinyatakan sehat dan 10 orang masih dalam pemantauan.

''Hingga saat ini, belum ada yang positif corona di Kota Banjarmasin,'' ucap Machli Riyadi.

Meski demikian, pihaknya tetap selalu waspada serta meningkatkan intensitas pemantauan. Umumnya mereka yang sehabis pulang umrah atau berwisata ke negara-negara yang dinyatakan positif korona. (DY/OL-10)

BERITA TERKAIT