16 March 2020, 11:30 WIB

Antisipasi Covid-19, Daop 6 Yogyakarta Semprotkan Disinfektan


Widjajadi | Nusantara

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta melakukan penyemprotan cairan disinfektan untuk mengurangi penyebaran virus korona atau Covid-19 di lingkungan Stasiun Purwosari. Penyemprotan dilakukan pada Minggu malam (15/3).

"Sterilisasi disinfektan ini sudah merupakan protap kami dan sudah kami lakukan sejak beberapa hari lalu di stasiun yang ada di Jogja agar penumpang menjadi lebih nyaman," papar EVP PT KAI Daop 6 Jogja Eko Purwanto, di sela-sela penyemprotan disinfektan di Stasiun Purwosari.

Baca juga: Cegah Virus Korona, Bandara El Tari Disemprot Disinfektan

Selain menyemprot cairan disinfektan di seluruh stasiun di bawah Daop 6, kata Eko, gerbong kereta juga dicuci setiap hari. Termasuk commuter line Prameks yang dicuci setiap hari. Lalu gate masuk dan keluar juga dibersihkan. Semua titik tempat berkumpulnya orang banyak atau penumpang di stasiun, yakni kursi-kursi disemprot disinfektan. Bahkan pagar dan tangga juga dibersihkan.

"Kami juga menyediakan hand sanitizer di beberapa titik-titik penumpang. Jika ada penumpang yang suhunya di atas 38, kami juga punya peralatan memadai di Posko. Lengkap dengan dokter dan paramedis," tandas Eko.

PT KAI Daop 6 Yogyakarta meminta warga tidak perlu khawatir untuk naik kereta karena dari jajaran kereta api terus bekerja sebaik mungkin. "Setiap pegawai stasiun diperiksa suhunya. Lalu semua ruangan juga dilengkapi hand sanitizer," imbuhnya lagi.

Sementara ketika disinggung apakah epidemi Covid-19 berdampak pada jumlah penumpang, Eko menjawab belum ada. "Sejak Januari masih 80- 90 persen," tukasnya. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT