16 March 2020, 09:22 WIB

Biden: AS Sedang Berperang Melawan Virus Korona


Willy Haryono | Internasional

KANDIDAT calon presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengaku ingin memobilisasi militer AS tanpa menunda-nunda lagi untuk memerangi pandemi virus korona (Covid-19). Pernyataan disampaikan dalam acara debat capres Partai Demokrat bersama senator Bernie Sanders.

"Kita sedang berperang melawan virus," tegas Biden, seperti dikutip dari AFP, Senin (16/3). Jika dirinya adalah presiden AS, Biden mengaku akan mengerahkan militer sekarang juga.

Biden mengkritik Presiden AS Donald Trump yang dinilai kurang kompeten dalam menangani krisis covid-19. Menurutnya, kesalahan manajemen Trump telah membuat kasus korona di AS melambung melewati 3.200 kasus dengan 63 kematian.

Baca juga: Negara Uni Eropa Catat Angka Kematian Tertinggi dalam Satu Hari

Sanders juga mengecam Trump yang dinilai menyebarkan misinformasi mengenai Covid-19, termasuk pernyataan terdahulu yang sempat menyebut virus tersebut sebagai hoaks.

"Kita harus mengakhiri presiden ini sekarang juga," tutur Sanders.

"Sangat tidak dapat diterima saat presiden kita terus menyampaikan informasi yang tidak faktual dan membingungkan publik," lanjutnya.

Dari total kematian akibat Covid-19 di AS, sebagian besar tercatat ada di negara bagian Washington dengan 40 korban. Peringkat kedua dan ketiga berada di California dan Florida dengan masing-masing 6 serta 4 kematian.

Sejumlah negara bagian di AS telah menerapkan berbagai kebijakan untuk menekan angka penyebaran Covid-19, termasuk menutup aktivitas belajar mengajar di sekolah dan universitas.

Berdasarkan data terbaru situs pemantau Johns Hopkins CSSE, total kasus Covid-19 di kancah global telah melampaui 167 ribu. Sementara jumlah kematian telah menyentuh angka 6.474 dengan pasien sembuh 77.200. (OL-1)

BERITA TERKAIT