16 March 2020, 09:30 WIB

Luhut Ingatkan Semua Kendaraan Umum Harus Steril


Hilda Julaika | Humaniora

MENTERI Koordinator Maritim dan Investasi selaku Menteri Perhubungan Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan menginstruksikan seluruh moda transportasi harus rutin dibersihkan menggunakan cairan disinfektan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus korona (Covid-19) yang semakin meningkat.

Instruksi itu diberikan Luhut kepada jajarannya yakni, Dirjen Perhubungan Laut, Dirjen Perhubungan Udara, Dirjen Perhubungan Darat, dan Dirjen Perkeretaapian.

Mereka diminta melakukan pembersihan kendaraan dengan penyemprotan disinfektan sebanyak 3 kali dalam sehari. Instruksi ini berlaku juga di daerah.

Baca juga: Wartawan Rawan Terpapar Virus Korona

"Para Dirjen diminta mengutamakan kebersihan semua moda transportasi publik antara lain dengan penyemprotan disinfektan tiga kali sehari. Hal serupa agar dilaksanakan di daerah-daerah," ujar Luhut melalui rilis yang Media Indonesia terima, Senin (16/3).

Selain itu, Luhut meminta diadakannya sosialisasi untuk publik di titik-titik utama transportasi publik. Adapun isi sosialisasi yang dimaksud berupa imbauan untuk menjaga kebersihan diri serta lingkungan sekitar. Termasuk imbauan untuk tidak melakukan perjalanan bagi yang merasa sedang dalam kondisi sakit.

"Imbauan untuk menghindari perjalanan bagi yang merasa sedang sakit," imbuhnya.

Selama masa penyebaran virus ini belum terhenti, pihaknya meminta Kemenhub melakukan antisipasi terkait distribusi pangan. Dengan menginstruksikan Kemenhub agar memastikan arus transportasi logistik tetap lancar utamanya untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat tetap terjamin. (OL-1)

BERITA TERKAIT