16 March 2020, 08:22 WIB

Negara Uni Eropa Catat Angka Kematian Tertinggi dalam Satu Hari


Nur Aivanni | Internasional

TIGA negara bagian yang menanggung beban pandemi virus korona di Eropa telah mencatatkan angka kematian tertinggi mereka untuk satu hari.

Italia menyaksikan 368 kematian dan menjadikan total sebanyak 1.809, Spanyol mencatat 97 kematian lebih banyak dengan total 288, dan Prancis melaporkan 29 kematian, sehingga total 120 kematian.

Dikutip dari BBC, Senin (16/3), Inggris juga menyaksikan rekor dalam satu hari, dengan 14 kematian baru dan total 35 kematian.

Pemerintah-pemerintah di seluruh Eropa merespons dengan mengekang pergerakan warga dan memperketat perbatasan.

Jerman akan memberlakukan kontrol di perbatasannya dengan Prancis, Swiss, Austria, Denmark, dan Luksemburg pada Senin (16/3) pagi, sementara Portugal akan mengawasi ketat perbatasannya dengan Spanyol.

Baca juga: Akibat Covid-19, Serbia Nyatakan Darurat Nasional

Austria melarang pertemuan lebih dari lima orang mulai Senin (16/3) dan Republik Irlandia meminta bar tutup hingga 29 Maret.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen telah meminta negara-negara anggota untuk memerangi pandemi dengan tanggapan terkoordinasi dengan cepat dan mengumpulkan sumber daya.

Dia mengatakan blok itu akan meningkatkan produksi peralatan seperti ventilator, alat uji, dan masker, yang kemudian akan dibagikan di seluruh Uni Eropa daripada masing-masing negara membuat pasokan sendiri.

Ekspor produk-produk itu ke negara-negara non-UE akan dikontrol secara ketat. (BBC/OL-1)

BERITA TERKAIT