16 March 2020, 07:54 WIB

Wartawan Rawan Terpapar Virus Korona


mediaindonesia.com | Humaniora

WARTAWAN merupakan salah satu kelompok pekerja yang tetap beraktivitas di tengah wabah virus korona yang melanda dunia. Hal itu karena masyarakat membutukan informasi terkini soal wabah virus bernama resmi Covid-19 itu. Hal tersebut diungkapkan pengamat media Agus Sudibyo dalam keterangan resmi yang diterima Media Indonesia, Senin (16/3).

"Sebagian wartawan bahkan harus tetap bekerja di lapangan untuk menembus sumber, meliput on the spot, dan memantau keadaan. Dalam konteks ini, teman-teman wartawan menjadi rawan terpapar virus tersebut," kata Agus.

Namun, imbuhnya, tugas menyajikan informasi kepada masyarakat tidak boleh berhenti, bahkan semakin urgent di kala situasi genting seperti sekarang ini.

Baca juga: Diskriminasi dan Kegagapan Pemeriksaan Covid-19

"Semoga rekan rekan wartawan dapat menjaga kondisi kesehatan, tidak memaksakan diri saat keadaan tubuh sudah memberikan sinyal untuk istirahat," imbuhnya.

Agus kemudian mengingatkan para pekerja media untuk memeriksakan diri jika ada tanda-tanda mencurigakan pada tubuh.

"Menjadi tanggung jawab perusahaan media untuk menjamin keselamatan para wartawan khususnya yang bekerja di lapangan," ungkap Agus.

Kemudian, Agus mengatakan, yang tidak kalah penting, wartawan jangan menyebarkan informasi spekulatif, simpang siur, dan hoaks.

"Wartawan adalah garda depan bangsa Indonesia dalam mengatasi wabah virus korona ini. Mari berkontribusi sesuai dengan bidang masing-masing. Bersama, kita bisa menghadapi Covid-19," pungkasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT