16 March 2020, 05:30 WIB

The Minions Gagal Juara All England


Rahmatul Fajri | Olahraga

GANDA putra andalan Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo gagal meraih gelar juara All England setelah dikalahkan wakil Jepang Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe pada partai final yang berlangsung di Birmingham Arena, Minggu (15/3) malam WIB.

Pasangan peringkat satu Indonesia itu harus menelan kekalahan melalui rubber game dengan skor 18-21, 21-12, dan 19-21.

Minions, julukan Kevin/Marcus, telah berjuang keras dari awal pertandingan.

Pada interval pertama, kedua pasangan saling mengejar angka. Namun, kukuhnya pertahanan Endo/Watanabe membuat Minions kehilangan kesabaran dan sering melepaskan smash yang mendarat di luar bidang permainan. Minions kalah di gim pertama dengan skor 18-21.

Baca juga: Puasa Gelar Praveen/Melati Berakhir

Pada gim kedua, Minions tampil lebih sabar. Marcus dan Kevin mulai berani melayani pertahanan ketat Endo/Watanabe dengan kombinasi drop shot dan smash kencang. Usaha Minions berhasil dan menutup gim kedua dengan 21-12.

Pada gim kedua, Minions telat panas. Mereka tertinggal 0-6. Mereka kemudian bermain sabar dan mampu mengejar di interval kedua hingga 15-15, bahkan unggul 19-18.

Di poin-poin kritis justru keadaan menjadi berbalik. Pukulan drive Endo tidak mampu diantisipasi dengan sempurna oleh Kevin. Pasangan Jepang berbalik unggul 19-20.

Di poin akhir, Kevin gagal memaksa deuce setelah pukulannya melebar jauh dari bidang lapangan. Kemenangan bagi Endo/Watanabe.

Endo/Watanabe memang menjadi momok menakutkan bagi Minions. Ini menjadi kekalahan keenam secara beruntun Minions atas pasangan peringkat 5 dunia itu. Terakhir kali Minions menang atas Endo/Watanabe saat Hong Kong Terbuka 2018.

Kekalahan ini juga membuat gelar ganda putra harus lepas dari tangan Indonesia. Sebelumnya, ganda putra Indonesia selalu juara di tiga edisi terakhir. Kevin/Marcus juara pada 2017 dan 2018. Sedangkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juara pada 2019. (OL-1)

BERITA TERKAIT