16 March 2020, 03:45 WIB

Garay Jadi Korban Pertama Korona di La Liga


(AFP/telegraph/Faj/R-1) | Sepak Bola

Setelah di Serie A Italia, Liga Primer Inggris, dan Bundesliga Jerman, kasus pesepak bola profesional yang positif terpapar virus korona baru (covid-19) terjadi di La Liga Spanyol. Pemain belakang Valencia, Ezequiel Garay, mengaku dirinya positif mengidap virus yang telah menjadi pandemik tersebut.

"Hasil tes menunjukkan saya positif mengidap korona. Saat ini saya merasa sehat, tapi akan mengisolasi diri, menuruti aturan yang dikeluarkan otoritas kesehatan," jelas pemain Argentina berusia 33 tahun tersebut.

Musim ini Garay telah menjadi starter dalam 17 laga La Liga dan empat Liga Champions. Pemain yang saat ini harus absen panjang setelah menjalani operasi cedera ligamen akhir bulan lalu berada di tribun Stadion Mestalla, saat Valencia melakoni laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions, pekan lalu, menghadapi Atalanta. Laga tersebut digelar tanpa penonton.

Garay merupakan pesepak bola profesional ke-13 yang berkiprah di lima liga top Eropa yang dinyatakan positif mengidap korona. Beberapa pemain lain yang sebelumnya dinyatakan mengidap virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, tersebut ialah bek Juventus, Daniele Rugani, serta pemain sayap Chelsea, Callum Hudson-Odoi.

Sementara itu, Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) tengah menimbang untuk menggelar Euro 2020 pada Desember tahun ini. UEFA akan memberikan waktu kepada Liga Primer Inggris dan liga lain di Eropa untuk menyelesaikan kompetisi terlebih dahulu.

Dilansir The Telegraph, UEFA tengah mencari solusi agar kejuaraan terus berjalan dan akan membahas hal ini dalam pertemuan dengan 55 anggotanya, termasuk juga membahas nasib Liga Champions dan Liga Europa, pekan ini. Namun, jika Euro 2020 digelar Desember, berimbas pada jadwal Piala Dunia 2022 Qatar dan kompetisi di Eropa yang telah disusun.

Liga-liga di Eropa sebelumnya berencana akan memindahkan libur musim dingin, yang biasanya pada Januari, untuk mengantisipasi gelaran Piala Dunia 2022 Qatar yang dimainkan pada November atau Desember. (AFP/telegraph/Faj/R-1)

BERITA TERKAIT