16 March 2020, 00:40 WIB

Perry Warjiyo Bantu Promosi Karya UMKM


MI | Hiburan

GUBERNUR Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, 61, mengaku gemar menggunakan batik hasil karya usaha makro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk membantu promosi. Salah satunya ialah batik dari Banten yang ia kenakan ketika ditemui Media Indonesia di Jakarta, Rabu (11/3). Menurut Perry, batik tersebut memiliki sejarah panjang.

"Sejak saya jadi gubernur BI, saya sedekahkan badan saya untuk promosi UMKM. Seperti yang saya pakai ini, batik Banten, bahwa batik sudah ada sejak abad ke-17 dari kepemimpinan Sultan Banten Maulana Hassanudin. Dengan punahnya kesultanan Banten, batik merambah ke Jawa. Ini batik sanggalangi dan ada 72 batik kuno di Banten, 12 sudah kita bantu untuk menjadi hak milik Indonesia dan ini saya bilang value added," ujarnya.

Ia menambahkan, sektor UMKM bisa menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tak tanggung-tanggung, dia bahkan percaya bahwa sektor UMKM bisa menggantikan posisi minyak.

Perry mengatakan untuk menjaga kreativitas UMKM, langkah yang harus dilakukan ialah hilirisasi. Salah satu hal yang tengah diperjuangkan BI terkait dengan hilirisasi UMKM ialah digitalisasi melalui QRIS yang mengimplementasikan sistem pembayaran Indonesia (SPI). (Des/H-3)

BERITA TERKAIT