15 March 2020, 18:37 WIB

Demokrat Emoh Ambang Batas Naik 7%


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

Ketua Umum terpilih Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menolak usulan ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) sebesar 7% pada Pemilu 2024. Alasannya ketentuan dari yang saat ini hanya 4% itu tidak mencerminkan keberagaman dan memperkuat partai penguasa.

"Ada upaya untuk mengeliminasi partai yang mungkin ada di papan bawah begitu," katanya saat menyampaikan pidato politiknya usia terpilin secara aklamasi pada Kongres V Partai Demokrat, di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (15/3).

Ia menjelaskan sistem demokrasi Indonesia memiliki banyak partai politik dengan tujuan untuk mengabdi dan mewadahi keberagaman. Bila PT naik 7% secara langsung dapat menghilangkan semangat demokrasi.

"Negara kita itu negara yang sangat majemuk banyak sekali perbedaan yang ada di antara kita dan itu semua harus diwadahi diakomodasi baik dalam parpol mau pun dalam organisasi non parpol yang ada. Yang jelas kita tahu bahwa kompetisi adalah keniscayaan dalam sebuah demokrasi," tandas AHY.

 

Baca juga:Dengan Proses Pemilihan Kilat, AHY Gantikan Kursi SBY

 

AHY resmi terpilih menggantikan sang ayah Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat periode 2020-2025 melalui Kongres V yang digelar di Jakarta pada Minggu (15/3).

AHY merupakan putra sulung pasangan SBY dan Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono. Sebelum menjadi Ketum, Agus aktif sebagai Wakil Ketua Umum Demokrat, partai yang telah membesarkan nama sang ayah. AHY juga pernah menjabat sebagai Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) partai berlambang bintang mercy itu. (OL-8)

BERITA TERKAIT