15 March 2020, 17:46 WIB

Soal Perang Dagang hingga Korona, Ini Saran SBY untuk Pemerintah


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

KETUA Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan perang dagang Tiongkok vs Amerika Serikat hingga pandemi Covid-19 merupakan tantangan bagi Indonesia. Pasalnya, dampak isu-isu tersebut sangat memukul berbagai sektor khususnya ekonomi.

Oleh sebab itu, SBY menyarankan pemerintah tidak bekerja sendiri dan menghadapinya dengan berkolaborasi bersama segenap elemen bangsa.

Baca juga: Menteri BUMN Erick Thohir Sehat dan Beraktivitas Seperti Biasa

"Menurut pandangan saya, tak ada jalan pintas dan tak ada pula resep ajaib bagi Indonesia," kata SBY dalam pidato terakhir sebagai pemimpin tertinggi Partai Demokrat di Kongres Kelima, Jakarta, Minggu (15/3).

Menurut dia, menghadapi permasalahan global bisa berlangsung lancar bila bangsa ini bersatu membangun kebersamaan, berpikir cerdas dan bekerja keras di bawah kepemimpinan dan bimbingan langsung pemimpin.

Ia mengatakan pemerintah selaku penanggung jawab nasib bangsa tidak boleh besar kepala dalam menanggulangi permasalahan global. Sebab hal itu tidak mungkin dapat menutup dampak negatif terhadap kelangsungan hidup rakyat.

"Terlalu sombong jika ada pihak yang merasa bisa bekerja sendiri. Negara pun memerlukan dukungan rakyat. In crucial thing, unity," pungkasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT