15 March 2020, 17:22 WIB

Baznas (Bazis DKI) Galakkan Aksi Cegah Wabah Covid-19


mediaindonesia.com | Megapolitan

VIRUS korona sudah menginfeksi puluhan ribu orang dan lebih dari 6.000 orang meninggal. Jumlah kematian akibat viru korona tipe baru atau Covid-19 melebihi kematian yang pernah disebabkan virus SARS di Tiongkok. Penyebarannya yang sangat juga terjadi di negara-negara lain di Asia, Eropa, Amerika, dan Afrika. 

Untuk menekan penyebaran infeksi Covid-19 di Indonesia, Baznas (Bazis) DKI Jakarta menggerakkan tim Baznas Tangap Bencana (BTB) untuk melakukan giat penyemprotan desinfektan di Halte Busway Patung Kuda di Monas hingga Stasiun Jakarta Kota, Minggu (15/3). 

Kegiatan penyemprotan desinfektan juga akan di lakukan di beberapa titik di Jakarta, diantaranya di sekolah-sekolah, masjid, dan area titik keramaian lainya di wilayah Jakarta hingga kondisi normal kembali. 

Sementara itu, dalam upaya pencegahan yang dilakukan oleh Tim Baznas (Bazis) Tanggap Bencana DKI Jakarta menurunkan enam relawan BTB dan tiga relawan Baznas Tanggap Bencana (BTB) Pusat. Tim yang turun juga dilengkapi APD (alat pelindung diri) yang standar guna menjaga keamanan para relawan dalam menjalankan tugasnya. 

“Alhamdulillah, kami sudah melakukan penyemprotan desinfektran di halte-halte Transjakarta  sebagai tahap pertama aksi kita dalam pencegahan virus covid-19 di Jakarta," jelas Yudiman.

"Kami juga akan membagikan handsanitizer kepada warga, juga dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 melalui sentuhan tangan. selanjutnya upaya pencegahan ini masih terus kami lakukan agar bisa melayani lebih banyak lagi masyarakat Jakarta,” ungkap Yudiman.

Desinfektan merupakan bahan kimia atau pengaruh fisika yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran jasad renik seperti bakteri dan virus, juga untuk membunuh atau menurunkan jumlah mikroorganisme atau kuman penyakit lainnya.

Terdapat berbagai jenis desinfektan yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan salah satunya adalah desinfektan yang digunakan untuk membersihkan ruangan.

Penelitian baru dari Singapura yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association (JAMA) mengungkapkan dekontaminasi penyebaran infeksi covid-19 dapat dikurangin dengan membersihkan ruangan serta benda-benda yang sering tersentuh tangan dengan cairan desinfektan yang biasa digunakan.

Hal tersebut menunjukkan pembersihan menggunakan cairan desinfektan secara rutin cukup efektif untuk menekan penyebaran infeksi virus itu.

"Mari cegah penyebaran covid-19 dengan menerapkan pola hidup sehat, olahraga yang cukup, cuci tangan dengan sabun sesering mungkin, memakai masker jika keluar rumah dan jaga kebersihan lingkungan agar manusia bisa bernafas kembali dari virus covid-19," tuturnya. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT