15 March 2020, 14:40 WIB

Senator Babel Minta Menteri Erick Benahi PT Timah Tbk


Muhamad Fauzi | Nusantara

ANGGOTA Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Bangka Belitung (Babel) Alexander Fransiscus meminta Menteri BUMN Erick Thohir membenahi manajemen PT Timah.

Apalagi setelah sejumlah pejabatnya diperiksa oleh Pidana Khusus (Pidsus) Kajati Babel terkait dugaan penyimpangan dalam pembelian mineral biji timah kadar rendah atau terak dalam jumlah ratusan ton. Belum lagi perusahaan plat merah tersebut terlilit hutang triliunan dengan rekanan bisnisnya.

"Kita percayakan kasus persoalan pembelian Biji Timah berkadar rendah yang ditangani oleh Kejaksaan Tinggi Kep.Bangka Belitung, karena Kejaksaan Tinggi Kep.Babel bekerja secara Transparan dan Profesional,” kata Alex dalam keteranganya, Minggu (15/3).

Alex berjanji, sebagai Sanator yang menjabat di komite II merupakan mitra kerja dengan PT Timah dan BUMN akan mengawal perusahaan milik negara yang ada di Babel agar dapat meningkatkan Devisa, buat negara dan meningkatkan taraf hidup bagi masyarakat, agar sejahtera khususnya masyarakat Bangka Belitung.

“Saya berharap tentunya, Kementerian BUMN dibawah pimpinan Erick Thohir dapat turun tangan dalam mengawasi PT Timah ini dan turun langsung ke Bangka Belitung,” ujarnya.

Tidak hanya senator Alex, sebelumnya Jaringan Relawan Anti Korupsi 98 (Jarsi 98) bahkan melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor perwakilan PT Timah di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta. Massa menuntut agar Direktur Utama PT Timah Mochtar Riza Pahlevi Tabrani beserta jajarannya segera dipecat dan ditangkap. (OL-13)

BERITA TERKAIT