15 March 2020, 15:45 WIB

Menhub Positif Korona, Jokowi: Kabinet Kerja Seperti Biasa!


Irvan Sihombing | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo memastikan Kabinet Kerja jilid II tidak terganggu akibat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif terinfeksi virus Covid-19. Menurut dia, seluruh anak buahnya tetap bekerja seperti biasa bahkan lebih keras.

"Sebagaimana kemarin telah disampaikan bahwa salah satu menteri kami terdeteksi positif terinfeksi Covid-19. Langkah-langkah antisipatif telah dilakukan dan saya yakin bahwa para menteri tetap bekerja penuh seperti biasa," kata Jokowi di Istana Bogor, Minggu (15/3).

Baca juga: Jokowi: Setop Kegiatan yang Libatkan Peserta dalam Jumlah Banyak

"Bahkan hari-hari ini para menteri bekerja lebih keras walaupun sebagian dilakukan dengan cara online untuk mengatasi isu kesehatan dan mengatasi dampak perekonomian akibat Covid-19 ini," lanjut Kepala Negara.

Presiden juga sudah menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan agar penyebaran Covid-19 bisa segera dihambat. Ia juga meminta agar pola kerja, belajar, bahkan ibadah mulai diubah.

"Dengan kondisi ini, saatnya kita kerja dari rumah. Belajar dari rumah, ibadah di rumah," kata Jokowi

Baca juga: Diamuk Korona, Jokowi: Saatnya Kerja dari Rumah, Ibadah di Rumah

Selain itu, ia meminta agar kepala daerah di seluruh Indonesia untuk mulai tegas dalam memberikan izin yang melibatkan peserta dalam jumlah yang banyak.

Ia juga memerintahkan kepala daerah agar membuat kebijakan tentang proses belajar dari rumah bagi pelajar dan mahasiswa. Membuat kebijakan tentang sebagian ASN bisa bekerja di rumah dengan menggunakan interaksi online dengan tetap mengutamakan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

"Kemudian menunda kegiatan-kegiatan yang melibatkan peserta yang banyak orangnya," tegasnya. (A-3)

BERITA TERKAIT