15 March 2020, 13:21 WIB

Menkeu Masih Sehat dan Jalankan Tugas


Basuki Eka Purnama | Ekonomi

MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati masih melakukan tugas secara penuh dalam menyiapkan langkah penyediaan anggaran untuk mengatasi penyebaran virus korona dan berada dalam kondisi sehat.

"Menkeu masih terus menjalankan tugasnya secara penuh dan sehat, termasuk menyiapkan langkah-langkah pengaturan dan penyediaan anggaran yang diperlukan seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah," kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari di Jakarta, Minggu (15/3).

Puspa mengatakan Menkeu juga terus memantau dinamika ekonomi yang terkena dampak COVID-19 dan menyiapkan langkah-langkah meminimalkan dampak penyebaran negatif virus ini.

Meski demikian, ia mengatakan, Menkeu dan jajaran eselon lainnya ikut melakukan tes kesehatan sesuai dengan standar penanganan pelacakan (contact tracing) untuk mencegah risiko penularan.

Baca juga: Luhut Jadi Menhub Ad Interim Gantikan Sementara Budi Karya Sumadi

"Sesuai standar penanganan pelacakan, mereka yang kemungkinan berinteraksi dengan seseorang yang positif terkena COVID-19, maka dilakukan tes untuk mengetahui resiko penularan," katanya.

Dalam kesempatan ini, ia menambahkan, Kemenkeu sudah melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran COVID-19 dan fokus menjaga keselamatan serta kesehatan seluruh jajaran Kemenkeu.

Langkah tersebut antara lain dengan mengeluarkan keputusan atau pedoman kehadiran pertemuan di kantor atau melalui sarana telekonferensi serta proses bekerja dari rumah (work from home).

Kemenkeu menjamin layanan terhadap publik dan stakeholders tetap berlangsung dengan baik karena adanya rencana bisnis berkelanjutan (BCP) untuk seluruh unit kerja, yang akan terus diperbarui sesuai perkembangan terkini.

Selain itu, infrastruktur teknologi informasi Kemenkeu juga mampu untuk mendukung berbagai kegiatan Work From Home maupun pelaksanaan BCP.

Kemudahan ini dilakukan sebagai wujud pelayanan kepada seluruh masyarakat, dunia usaha dan stakehokders yang tetap dijalankan dengan maksimal, dengan tetap mengedepankan kesehatan dan keselamatan.

Puspa menegaskan Kemenkeu akan terus menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai bendahara negara mengelola keuangan negara dan kebijakan fiskal untuk menjaga Indonesia dan masyarakat. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT