15 March 2020, 12:03 WIB

Cegah Terjadi Tawuran, Polisi Tangkap 26 Pemuda


Tri Subarkah | Megapolitan

JAJARAN Polsek Tambora Polres Metro Jakarta Barat menciduk 26 pemuda saat dilakukan Patroli dan Operasi Cipta Kondisi pada Minggu (15/3) dini hari. Menurut Kapolsek Tambora, Kompol Iver Manossoh, operasi yang digelar pihaknya meliputi delapan titik.

"Di antaranya RPTRA Kalijodo, Stasiun Angke, Jembatan Lima, Kali Besar Barat, Traffic Light PDIP Ketapang, depan Mall Seasons City, Kalianyar dan Jalan Gedong Panjang," papar Iver saat dikonfirmasi, Minggu (15/3).

Iver menjelaskan bahwa operasi tersebut dilaksanakan setiap hari sejak pukul 02.00-06.00 WIB. Namun berdasarkan hasil analisa dan evaluasi data, lanjutnya, pihaknya mengutamakan malam Minggu karena cenderung rawan terjadi gangguan ketertiban masyarakat.

"Ya kita pusatkan Ops Cipkon ini pada malam weekend yang banyak aktivitas warga utamanya pemuda dan remaja menjelang libur sehingga potensi kerawanan guantibmas bisa kita cegah," papar Iver.

Ke-26 pemuda yang ditangkap diketahui merencanakan aksi tawuran setelah pihak kepolisian mendapati barang bukti berupa dua senjata tajam jenis celurit dan satu botol miras jenis ciu.

Selain itu, turutbdisita sejumalu ponsel dari para pemuda tersebut. Menurut Kanit Reskrim Polsek Tambora, AKP Suparmin ponsel digunakan oleh para pemuda yang ditangkap untuk mengajak tawuran pihak lawan.

"Pemuda yang berhasil diamankan berasal dari berbagai tempat di Jakarta ini mereka mengundang lawan untuk tawuran dengan menggunakan media sosial" terang Suparmin.

Dari hasil pemeriksaan tes urine terhadap 26 pemuda tersebut, tujuh di antaranya positif menggunakan narkoba. Mereka antara lain RN, 22, dan TA, 22, yang positif sabu dan ganja, MA, 28, NA, 28, AI, 27, dan HR, yang terbukti positif sabu, serta AS, 16 yang positif ganja.

"Saat ini ke tujuh pemuda masih terus dalam pendalaman pemeriksaan guna mengungkap asal-usul dan sumber narkoba tersebut" tandas Suparmin. (Tri/OL-09)

BERITA TERKAIT