15 March 2020, 11:54 WIB

Antisipasi Korona, Pemprov Sumbar Hentikan CFD


Yose Hendra | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Sumatra Barat menghentikan untuk sementara waktu kegiatan Car Free Day (CFD) yang diselenggarakan setiap Minggu.

Penghentian sementara kegiatan CFD hingga waktu yang belum ditentukan itu, sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus korona (COVID-19).

"Car Free Day dihentikan dulu. Tidak ada. Dan, kita harapkan, kegiatan kumpul ramai-ramai, juga dikurangi," kata Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit, Minggu (15/3).

Untuk itu, Nasrul meminta Dinas Pemuda dan Olahraga untuk segera mengumumkan kepada masyarakat tentang informasi dihentikannya  kegiatan Car Free Day.

"Bagi dinas terkait silahkan ambil langkah-langkah. Terutama, Dinas Pemuda dan Olahraga. Mereka, harus umumkan bahwa besok pagi tidak ada (CFD)," ujar Nasrul Abit.

Baca juga: Tangani Covid-19, Pemkot Bogor Tambah Anggaran Rp1 Miliar

Terkait apakah kegiatan belajar mengajar di sekolah akan diliburkan, Nasrul Abit belum bisa memastikan hal itu.

Menurut Nasrul, hingga saat ini, proses belajar mengajar di sekolah masih berlangsung.

"Nanti, Senin akan kita bicarakan bersama pak Gubernur mengenai libur sekolah ini. Kalau sekarang belum libur, anak-anak ujian. Nanti, kalau sudah libur akan kita imbau untuk tidak keluar rumah dulu. Di rumah saja, lebih aman. Nanti, akan kita terbitkan surat edaran," kata Nasul Abit.

Mengingat penyebaran COVID-19 cukup signifikan di beberapa wilayah di Indonesia, Pemprov Sumbar, kata Nasrul, mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk mengurangi aktifitas di tempat-tempat keramaian.

"Tentu, kita berharap dan kita imbau masyarakat tetap menjaga  kesehatan, jaga pola hidup sehat. Selalu cuci tangan. Mudah-mudahan kita semua sehat dan tidak terjangkit korona," pungkas Nasrul Abit. (OL-1)

BERITA TERKAIT