15 March 2020, 10:26 WIB

Hentikan Sebaran Virus Korona, NTB Harus Seirama dengan Pusat


Cahya Mulyana | Nusantara

PEMERINTAH pusat telah menunjuk BNPB sebagai komando penanganan virus korona dan mengeluarkan protokol kesehatan. Karenanya, seluruh pemerintah daerah perlu menjadikan dua hal itu sebagai patokan untuk menjaga dan menanggulangi masyarakatnya yang terinfeksi Covid-19.

"Sebaiknya, Pemerintah Provinsi NTB, saat ini, fokus dan serius mengantisipasi pandemi virus korona. Harus dilakukan langkah strategis untuk mengantisipasi hal ini dan ada baiknya juga sekolah diliburkan dulu serta destinasi wisata diawasi ketat," kata Anggota Komisi II DPR RI asal Partai NasDem Syamsul Luthfi kepada Media Indonesia, Minggu (15/3).

Menurut dia, seluruh perangkat pemerintahan harus dilibatkan guna memastikan pendeteksian dini dan gerak cepat untuk mencegah meluasnya virus ini. Sejauh ini, di NTB, terdapat 123 orang yang berstarus ODP dan PDP.

Baca juga: Tabung Isolasi Suspek Korona Dikirim ke Labuan Bajo dan Maumere

"Masyarakat juga tidak boleh panik akan tetapi tetap selalu waspada guna mekakukan perlindungan diri, keluarga maupun lingkungan sekitar dari penyebaran virus mematikan ini dengan melakukan pola hidup sehat," ungkapnya.

Ia juga meminta pemerintah Provinsi NTB mengikuti dan menjalankan instruksi BNPB selaku komando pusat pencegahan dan penanggulangan covid 19 serta menjalankan protokol kesehatan.

"Saya pikir sikap Pemprov harus seiring sejalan dengan sikap pemerintah pusat. Kemudian dalam istilah agama menolak mafsadah harus diutamakan dari pada mengejar maslahat atau pribahasa lain pencegahan jauh lebih utama dari pada pengobatan," pungkasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT