15 March 2020, 10:00 WIB

Demokrat Sarankan Pemerintah Tetapkan Darurat Nasional Korona


Cahya Mulyana | Humaniora

ANGGOTA Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat Benny K Harman menyarankan Presiden Joko Widodo segera menetapkan status darurat nasional sebagai upaya mencegah penyebaran virus korona.

Selain melakukan lockdown di sejumlah wilayah yang banyak ditemukan masyarakat terinfeksi Covid-19, pemerintah juga diminta menyediakan masker, hand sanitizer, pos pengaduan, dan fasilitas perawatan yang laik.

"Sejak awal, kami sudah meminta presiden menyatakan negara dalam darurat virus korona. Sebab, kita lihat virus ini sangat berbahaya," katanya di sela menghadiri Kongres V Partai Demokrat, di Jakarta, Minggu (15/3).

Menurut dia, melalui status itu, pemerintah dapat menyiapkan dan membentuk tim yang secara khusus menangani masalah itu dari pusat sampai ke desa.

Baca juga: Gereja di Jakarta Mulai Terapkan Kebaktian Daring

Pemerintah, kata Benny, cenderung menutupi virus ini. Tentu maksudnya baik, tetapi tidak diikuti langkah yang lebih nyata untuk melakukan mitigasi terhadap penyebaran virus korona.

"Menurut saya, walau sudah situasi begini, belum terlambat bagi pemerintah untuk mengambil langkah lebih nyata lagi untuk selamatkan rakyat," terangnya.

Sebetulnya, dalam situasi begini presiden bisa mengambil langkah apa saja untuk menyelamatkan rakyat.

"Menurut saya, ini bukan virus biasa tetapi sudah masuk kategori luar biasa, sehingga penanganannya tidak boleh langkah biasa saja," jelasnya.

"Siapkan rumah sakit yang dlengkapi tenaga medis yang mumpuni. Sekarang saja kita susah mendapatkan masker dan hand sanitizer," pungkasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT