15 March 2020, 09:13 WIB

Khawatir Virus Korona, 10 WNA Ditolak di Sumba Timur


Palce Amalo | Nusantara

SEBANYAK  10 warga negara asing (WNA) yang akan berwisata di Waingapu,  Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur ditolak turun dari kapal.

Penolakan terhadap penumpang kapal tersebut setelah adanya instruksi dari Bupati Sumba Timur Gideon Mbilijora untuk mencegah penyebaran virus korona (Covid-19).

Namun, Kapal Layar Motor (KLM) Bulan Baru yang mengangkut mereka dari Bali, diperbolehkan otoritas pelabuhan setempat untuk sandar di  dermaga mengisi bahan bakar.

Wisatawan yang ada di kapal terdiri dari sembilan warga Australia, satu warga Amerika Serikat, satu quide, dan enam kru kapal.

Baca juga: Pasien PDP Meninggal, RSUD Margono Purwokerto Tunggu Hasil Lab

"Karena ditolak, kami tidak melakukan pemeriksaan terhadap penumpang dan  kru," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kantor Kesehatan Pelabuhan  (KKP) Kelas III Kupang, Hengki Yanres Jezua kepada Media Indonesia di  Kupang, Minggu (15/3).

Adapun penolakan terhadap kapal dan penumpangnya terjadi pada Sabtu (14/3).

Menurut Hengki, kapal tersebut telah melanjutkan pelayaran Pelabuhan Waikelo di Kabupaten Sumba Barat Daya. Jika penumpang diperbolehkan turun di pelabuhan tersebut, petugas KKP setempat akan melakukan pemindaian suhu tubuh penumpang dan kru.

"Tim KKP dan pemerintah daerah  setempat sudah menunggu untuk melakukan pemeriksaan," ujarnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT