15 March 2020, 07:30 WIB

Klaten Bentuk Satgas Pencegahan Covid-19


Djoko Sardjono | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, bertindak ceoat dengan membentuk Satuan Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19. Hal itu diputuskan dalam rapat koordinasi pencegahan penyebaran penyakit akibat virus korona tersebut, Sabtu (14/3) sore.

Rapat koordinasi yang digelar di ruang B-1 Sekreriat Daerah Klaten, dipimpin Bupati Sri Mulyani dan dihadiri Sekretaris Daerah dan Asisten, jajaran Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat, tokoh  agama, dan tokoh masyarakat.

Satgas Percepatan Pencegahan Covid-19, diketuai Asisten I Bidang  Pemerintahan dan Kesra, Rony Roekmito, Wakil I Kepala Dinas Kesehatan, Wakil II Kepala BPBD, dan juru bicara Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Bidang Pencegahan Penyakit.

Baca juga: Ikuti Jakarta, Jateng Liburkan Sekolah Antisipasi Covid-19

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sri Mulyani menjelaskan, untuk pencegahan penyebaran Covid-19, telah disiapkan rumah sakit line pertama rujukan RSUP Suradji Tirtonegoro, rumah sakit line kedua RSD Bagaswaras dan RS Islam Klaten.

Untuk pencegahan penyebaran virus korona di Kabupaten Klaten, kegiatan car free day, Minggu (15/3) dan Minggu (22/3) diliburkan.  Demikian juga untuk kegiatan (event) olahraga dan kesenian ditunda hingga akhir bulan ini.

Selain event olahraga dan kesenian, kegiatan sambang warga dan sambang Puskesmas Bupati Sri Mulyani pada minggu depan juga ditunda. Termasuk kegiatan pada 21-22 Maret mendatang, yaitu Jambore PKH dan Mlaku Bareng Bupati Klaten.

Kemudian, untuk pendidikan atau sekolah, TK dan PAUD diliburkan dua minggu. Sedangkan tingkat SD tetap masuk sekolah sampai pukul 10.00 WIB, SMP sampai pukul 11.00, SMA sampai pukul 11.45, dan MTS nanti menyesuaikan dengan jam ujian.

Khusus rumah ibadah akan diberikan informasi terkait tata cara pembersihan lantai dan sarana prasarana oleh Dinas Kesehatan dan Bidang Peternakan DPKPP Klaten. Selanjutnya, tempat dan fasilitas umum akan ditambah sarana cuci tangan dengan sabun.

Dalam arahannya, Bupati Sri Mulyani meminta para camat segera melakukan koordinasi dengan perangkat di daerah. Dinas Kesehatan pun diingatkan untuk siap dengan program Matur Dokter apabila nanti ada laporan dari masyarakat.

Satgas Percepatan Pencegahan Covid-19 menyatakan, bahwa saat ini Kabupaten Klaten dalam kondisi aman.  Karena itu, masyarakat diminta untuk tetap tenang. Pun ASN tetap masuk kerja, seperti biasa memberikan pelayanan masyarakat. (OL-1)

BERITA TERKAIT