14 March 2020, 23:57 WIB

Anies : Covid-19 Bukan Aib, Periksakan Diri Kalau ada Gejala


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUBERNUR DKI JAKARTA Anies Baswedan menegaskan pengidap virus korona Covid-19 bukanlah aib di tengah masyakat.

Untuk itu, katanya, sebaiknya masyarakat yang memiliki gejala penyakit seperti demam, batuk, flu serta memiliki riwayat perjalanan dari negara terjangkit harus mau berkonsultasi ke nomor layanan darurat korona di 112 serta diperiksa oleh tim petugas medis.

"Perlu kami garisbawahi bahwa Covid-19 ini bukan aib. Jadi kalau terdeteksi itu tidak usah harus disembunyikan. Justru kalau terdeteksi harus menyampaikan supaya melindungi yang lain dari tertular dan melindungi dirinya agar bisa langsung ada tindakan perawatan," ujarnya di Balaikota, Sabtu (14/3).

Di sisi lain, Pemprov DKI masih menunggu respons pemerintah pusat untuk bisa mengadakan secara mandiri pemeriksaan terhadap suspek virus korona.

Anies menyebut pemeriksaan secara mandiri suspek korona sebaiknya bisa dilakukan pemerintah daerah agar dapat semakin cepat ditangani seperti melakukan penyelidikan epidemiologi (PE) terhadap suspek seperti menelusuri jejak interaksi suspek dengan orang lain.

Baca juga : Dampak Korona, Museum MACAN Tutup Sementara

"Kita bisa langsung memastikan keluarganya, koleganya, tetangganya itu dalam posisi aman. Karena itulah, kecepatan menjadi penting dan transparansi menjadi penting," ujar Anies

Terlebih lagi berdasarkan perkembangan data orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) semakin meningkat perharinya.

Anies mencontohkan pada 1 Maret ODP baru berjumlah 129 orang. Jumlah itu melonjak tajam sebanyak 586 orang hingga hari ini. Sementara jumlah PDP pada 1 Maret 39 orang meningkat menjadi 261 orang.

"Karena itu, demi melindungi kepentingan seluruh masyarakat di Jakarta, melindungi kesehatan masyarakat di Jakarta, kami memutuskan untuk mengambil langkah-langkah yang tegas, cepat, dan langkah-langkah ini harus dikerjakan secara disiplin. Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan seluruh jajaran untuk merespon kondisi ini, sehingga bagi seluruh masyarakat yang memerlukan informasi bantuan, insyaAllah kami akan siap," tukasnya.

Anies menegaskan pihaknya menerapkan tiga prinsip dalam penanganan virus korona ini yakni responsif, faktual, dan urgensi.

"Nah, kami berharap bisa segera melakukan itu (pengetesan secara mandiri melalui Labkesda). Kita lagi menunggu dari Kementerian Kesehatan," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT