15 March 2020, 04:00 WIB

Bill Gates: Fokus Urus Yayasan Amalnya


Nda/H-2 | Hiburan

PENDIRI Microsoft Bill Gates, 64, mundur dari dewan direksi perusahaan tersebut untuk fokus mengurus Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan amal yang didirikannya bersama istrinya di bidang kesehatan, pendidikan, dan perubahan iklim. ‘Saya akan lebih banyak mendedikasikan waktu untuk kegiatan filantropis,’ tulis Gates dalam tulisannya di jejaring LinkedIn, Jumat (13/3).

Bill & Melinda Gates Foundation dibentuk pada 2000 silam dan fokus membantu masyarakat di negara berkembang. Salah satu alasannya menjadi sosok dermawan didapat saat dirinya coba mengenalkan komputer di Afrika.

Pada 27 Juni 2008, Gates beralih dari peran sehari-hari di perusahaan untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk pekerjaannya di Bill & Melinda Gates Foundation. Dia menjabat sebagai ketua dewan direksi Microsoft hingga 4 Februari 2014, sebelum kemudian menjabat sebagai anggota direksi.

Selain Microsoft, Gates juga memutuskan mundur dari posisi Dewan Komisaris Berkshire Hathaway--perusahaan konglomerasi asal Amerika yang dimiliki Warren Buffet, konglomerat ke-2 Amerika. (Nda/H-2)

BERITA TERKAIT