14 March 2020, 20:57 WIB

Hotel BUMN Disiapkan Jadi Tempat Isolasi Pasien Virus Korona


Sitiyona Hukmana | Humaniora

BADAN Usaha Milik Negara (BUMN) tengah mempersiapkan sejumlah hotel. Penginapan itu bakal dijadikan sebagai tempat isolasi pasien virus korona (Covid-19).

"BUMN telah memikirkan menjadikan hotel yang dimiliki untuk dijadikan rumah sakit tempat isolasi, jika eskalasi korban ini semakin meningkat," kata Deputi Bidang IV Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden (KSP) Juri Ardiantoro di IBIS Tamarin, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3).

Baca juga: Jubir Benarkan Ada Tenaga Medis Meninggal karena Korona

Juri belum dapat memastikan jumlah hotel yang akan dijadikan sebagai rumah sakit tempat penaganan pasien korona itu. Jumlah disesuaikan dengan kebutuhan.

"Kita lihat perkembangannya, tapi sudah ada yang dipersiapkan," ujar Juri.

Baca juga: Sempat Kabur dari RSUP, Pasien Covid-19 Dirawat di RS Polri

Juri mengatakan saat ini sudah 132 ratusan rumah sakit rujukan untuk menangani pasien korona yang disiapkan oleh pemerintah pusat. Selain itu, ada juga dari pemerintah daerah, TNI, Polri dan BUMN.

Baca juga: Fasilitas Publik di Pancoran Riverside Terus Dilengkapi

Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengatakan, rencana menggunakan hotel milik BUMN sebagai rumah sakit tempat isolasi pasien korona belum masuk pembahasan. "Sampai sekarang belum ada pembahasan. Tapi saya lebih memikirkan bagaimana agar pemerintah kita meningkatkan kapasitas rumah sakit yang sudah ada atau menambah fasilitas," kata Saleh.

Saat ini, sudah ada 359 rumah sakit yang disediakan untuk penanganan pasien korona. Sebelumnya hanya 132, ada penambahan 227 rumah sakit yang terdiri dari 109 rumah sakit milik TNI, 53 rumah sakit milik Polri dan 65 rumah sakit milik BUMN. (X-15)

BERITA TERKAIT