14 March 2020, 18:49 WIB

Perlu Sinergi agar E-sports Indonesia Disegani


Budi Ernanto | Olahraga

PB Esports Indonesia resmi melantik 34 pengurus Esports Indonesia tingkat provinsi untuk masa bakti 2020-2024 di Gedung Pertemuan Soekarno Hatta, Jakarta, Sabtu (14/3). Kepengurusan tersebut diharapkan mampu mengayomi para atlet e-sports di daerah guna menorehkan prestasi di level internasional.

"Semoga pengurus Esports Indonesia tingkat provinsi mempunyai semangat soliditias dan tanggung jawab dan loyalitas yang tinggi, serta siap mengorbankan waktu dan pikirannya untuk memajukan e-sports Indonesia," ujar Wakil Ketua Umum PB Esports Indonesia, Bambang Sunarwibowo.

Menurut Bambang, e-sports kini menjadi olahraga sekaligus gaya hidup yang sangat digemari oleh generasi milenial lantaran dinilai bisa mengasah kemampuan untuk berpikir strategis, cerdas dan kreatif.

Baca juga: 24 Tim E-sports Terbaik di Indonesia Siap Bertarung di PMPL 2020

"Kemampuan itu akan berguna untuk membentuk generasi muda yang tangguh, andal, inovatif dan kreatif untuk mammpu memenangkan kompetisi di tingkat global," sambungnya.

Bahkan, atlet e-sports Indonesia sudah menorehkan sejumlah prestasi membanggakan, seperti meraih medali perak di SEA Games 2019. Sementara itu, 60 Juta pemain Esports saat ini diprediksi akan terus bertambah menjadi 100 juta pemain pada akhir tahun ini.

"Saat ini industri gim e-sports telah  menyumbangkan peningkatan ekonomi cukup besar di Indonesia, di mana pada 2018 mencapai kontribusi sebesar Rp13 triliun," ungkap Bambang.

“Oleh karena itu, PB Esport dan perwakilan di daerah harus bersinergi dan menjadi garda terdepan, agar e-sports Indonesia disegani dan menuai prestasi serta memberikan dampak ekonomi bagi Tanah Air,” pungkas Bambang. (R-3)

BERITA TERKAIT