14 March 2020, 18:43 WIB

Dampak Korona, Museum MACAN Tutup Sementara


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PENGELOLA Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) memutuskan untuk menutup museum yang berada di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat itu sementara waktu guna meminimalisir penularan virus korona.

Head of Communication Museum MACAN Nina Hidayat mengatakan penutupan ini dilakukan semenjak Pemprov DKI memberikan imbauan untuk meningkatkan kewaspadaan atas virus korona dengan menutup sementara tempat-tempat wisata di bawah Pemprov DKI.

"Kan Pemprov DKI sudah menutup tempat wisata di bawah DKI. Kalau ke swasta kan hanya imbauan. Tapi kami mengikuti imbauan tersebut meski belum ada surat resmi dari Pemprov DKI atas imbauan tersebut," ujar Nina saat dihubungi Media Indonesia, Sabtu (14/3).

Penutupan Museum MACAN ini dilakukan sejak hari ini dan dilakukan sementara sampai waktu yang belum ditentukan.

Sosialisasi penutupan dilakukan sejak Jumat (13/3) malam melalui situs resmi. Selain itu, pagi ini juga dilakukan sosialisasi melalui kanal media sosial resmi Museum MACAN.

Baca juga : Nomor Darurat Covid-19 Milik Pemprov DKI Sulit Diakses

Nina mengungkap ada berapa agenda pameran seni yang terpaksa dibatalkan sebagai dampak dari penutupan sementara ini.

"Lalu ada pemberitahuan secara personal karena ada beberapa program yang harusnya akan berjalan di minggu ini. Program publik dan pameran dari seniman. Kami segera memberitahu peserta secara personal juga pihak-pihak seniman," ungkapnya.

Manajemen juga bersedia mengembalikan dana tiket atau refund kepada masyarakat yang terlanjut membeli tiket melalui situs resmi maupun pihak ketiga.

"Untuk pembelian tiket langsung di situs resmi kami bisa menghubungi email atau call center kami dengan mengirimkan foto tiket. Sementara untuk pembelian tiket di pihak ketiga, masyarakat bisa menghubungi masing-masing call center," terangnya.(OL-7)

BERITA TERKAIT