14 March 2020, 17:58 WIB

Nomor Darurat Covid-19 Milik Pemprov DKI Sulit Diakses


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

NOMOR darurat Pemprov DKI untuk konsultasi terkait virus korona yakni 112 sulit diakses.

Salah satu warga yang sudah mencoba mengakses, Siska, 30, menyebut sudah mencoba mengakses sejak Jumat (13/3) lalu namun belum bisa tersambung.

Sementara untuk kanal pengaduan dari WhatsApp di nomor 081388376955 juga lama merespon. Ia mencoba mengirimkan pesan pagi ini namun belum juga direspon.

"Pesannya terkirim tapi tidak dijawab sampai sore ini. Cuma mau coba sih. Tapi ternyata sulit," kata Siska kepada Media Indonesia, Sabtu (14/3).

Sulitnya nomor darurat diakses juga diakui oleh Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti.

Ketika ditemui di Balai Kota, Widyastuti menyebut dua nomor darurat memang sulit diakses dan sedang dibantu untuk ditangani tim Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) serta pihak Telkomsel.

"Iya kami juga tidak tahu-menahu itu penyebabnya apa. Tapi dari kemarin sudah dibantu juga oleh Telkomsel," kata Widyastuti hari ini.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mendapat bantuan dari Telkomsel sebanyak 10 line sambungan telepon khusus untuk sambungan kanal aduan korona melalui aplikasi pesan WhatsApp.

Melalui penambahan itu, diharapkan semakin banyak pesan aduan dari warga yang bisa direspon secara bersamaan.

"Makanya kita cek lagi ya. Itu kan kerja sama dengan Telkomsel ya. Artinya Telkomsel ngawal banget supaya bisa. Karena ini kan sangat dibutuhkan. Kalau 119 koordinasinya itu di Kemenkes," tandasnya.(OL-2)

BERITA TERKAIT