14 March 2020, 17:05 WIB

Ini 8 Protokol Pandemi Virus Korona di UNY


Agus Utantoro | Nusantara

MENYIKAPI perkembangan pandemi virus corona, dan penetapan Kejadian Luar Biasa (KLB) di Kota Surakarta, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sutrisna Wibawa mengeluarkan Instruksi Rektor Nomor 1 Tahun 2020.

Instruksi ini berisi tentang penyesuaian pelaksanaan kegiatan pembelajaran, layanan akademik, dan layanan umum untuk pencegahan penyebaran Corona Virus Disease-19 (COVID-19) di kampus Universitas Negeri Yogyakarta, Sabtu (14/3).

"Ada delapan poin dalam instruksi rektor yang secara umum menekankan pemanfaatan fasilitas online dalam perkuliahan dan kegiatan akademik. Kami harapkan dengan kebijakan kuliah online, risiko penyebaran virus dapat diminimalkan dengan tetap menjaga kegiatan perkuliahan," ungkap Sutrisna Wibawa.

Baca juga: UGM Tetapkan Siaga Virus Korona. Ini Protokol Lengkapnya

Delapan poin itu ialah

1. Perkuliahan teori online

Perkuliahan teori untuk jenjang diploma, S1, S2, dan S3 mulai 16 Maret sampai 30 April dilaksanakan secara daring/online melalui BeSmart dan/atau berbagai platform dan medsos, misalnya email, dan Google Classroom.

2. Perkulihan praktikum

Perkuliahan praktikum di laboratorium, bengkel, atau yang sejenis ditangguhkan, diganti dengan penugasan, atau diselenggarakan pada Juni dan Juli 2020. Pengaturan pelaksanaannya diserahkan kepada program studi masing-masing dengan catatan selalu menerapkan kewaspadaan dan pencegahan atas penyebaran Covid-19.

Baca juga: Positif Virus Beta Corona, Ratusan Kelelawar di Solo Dimusnahkan

3. Perkuliahan lapangan

Perkuliahan lapangan ditangguhkan atau dijadwalkan ulang sampai pemberitahuan lebih lanjut. Apabila dalam kondisi tertentu terpaksa harus dilaksanakan, harus disertai dengan tindakan kewaspadaan dan pencegahan atas penyebaran Covid-19.

4. Bimbingan tugas akhir

Pelaksanaan bimbingan tugas akhir dilaksanakan secara online dengan menggunakan sistem bimbingan.uny.ac.id atau dengan platform lain.

Baca juga: Universitas Brawijaya Klarifikasi Isu Korona Masuk Kampus

5. Ujian tugas akhir

Ujian tugas akhir (proyek akhir, skripsi, tesis, dan disertasi) dapat dilaksanakan seperti biasa dan/atau melalui berbagai platform lain yang pelaksanaannya diatur oleh fakultas dan/atau pascasarjana.

6. Mobilitas dosen

Mobilitas dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan pada tingkat nasional dan internasional ditangguhkan sampai pemberitahuan lebih lanjut.

7. Layanan akademik

Kegiatan layanan akademik dan layanan umum kepada masyarakat tetap berjalan seperti biasa dengan membatasi kerumunan massa dan memperhatikan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19.

8. Kehadiran di kampus

Selama masa pandemi infeksi Covid-19, pimpinan sangat menganjurkan dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan untuk tidak datang ke kampus apabila mengalami sakit atau kondisi badan sedang tidak bugar. Ketidakhadiran karena kondisi tersebut akan dilakukan diskresi terhadap peraturan akademik dan peraturan kepegawaian. (X-15)
 

BERITA TERKAIT