14 March 2020, 16:34 WIB

Pulang dari Inggris, Suami Istri di Lembata Masuk Pantauan Korona


Alexander P Taum | Nusantara

SETELAH satu hari dirawat di ruang isolasi RSUD Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, sejak Jumad (13/3/2020), sepasang suami istri asal Lembata dalam pantauan Covid 19, Sabtu (14/3) akhirnya dirujuk ke RSUD TC Hillers Maumere.

Kedua pasien yang baru pulang dari Inggris itu dalam pantauan covid 19 itu dibawa dari Lembata menggunakan Kapal Banawa Nusantara milik Pemda Lembata menuju ke pelabuhan laut Larantuka kemudian dilarikan dari Kota Larantuka, terus menuju ke RSUD TC Hillers Maumere.

Baca juga: UGM Tetapkan Siaga Virus Korona. Ini Protokol Lengkapnya

Direktur RSUD Lewoleba Bernard Yosep Beda kepada Media Indonesia, Sabtu (14/3) membenarkan, dua pasien tersebut dirujuk ke RSUD TC Hillers Maumere pada pukul 16.22 Wita.

"Kita memang agak lambat merujuk pasien tersebut, sebab kapal Banawa Nusantara milik Pemda Lembata masih dipersiapkan sesuai standar operasional penanganan covid 19. Kapal harus disemprotkan disinfektan, kemudian seluruh kru kapal maupun para perawat yang membawa kedua pasien tersebut harus mengenakan alat Pelindung Diri (APD) yang tersedia," ujar Bernard.

Baca juga: Waspada Korona, Car Free Day di Klaten Ditiadakan

Menurut Bernard, setelah kapal Banawa Nusantara yang membawa dua pasien Dalam pantauan covid 19 kembali ke Lembata akan kembali di sterilkan dengan penyemprotan disinfektan. (X-15)
 

BERITA TERKAIT