14 March 2020, 13:11 WIB

DPR: Wilayah Positif Covid-19 Harus Tetapkan Tanggap Darurat


Putri Rosmalia Octaviyani | Humaniora

ANGGOTA Komisi IX DPR RI, Saleh P Daulay, mengatakan pemerintah daerah harus cepat tanggap menghadapi wabah covid-19. Daerah yang wilayahnya sudah ditemukan positif covid-19 jangan ragu untuk menetapkan tanggap darurat.

"Para kepala daerah (gubernur, bupati dan walikota) didesak untuk melaksanakan tanggap darurat nasional," ujar Saleh, dalam keterangan persnya, Sabtu, (14/3).

Saleh mengatakan, luasnya wilayah Indonesia menyebabkan semua lapisan masyarakat harus terlibat dalam memerangi virus korona ini. Pelibatan itu bisa dengan mudah dilakukan jika para kepala daerah ikut berpartisipasi secara aktif.

Ia mengatakan mendesak pemerintah untuk mengundang para ahli untuk mengkaji wacana lockdown Indonesia. Pasalnya, wacana lockdown itu sudah banyak diusulkan oleh berbagai kalangan. Tidak hanya kalangan awam, usulan itu juga disebutkan oleh ahli dan akademisi.

Di samping itu, jika lockdown dilakukan, pemerintah diminta untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan rakyat. Bahan-bahan makanan pokok harus tersedia. Masyarakat harus dengan mudah dapat mengaksesnya dan dipastikan tidak ada penimbunan.

“Kalau perlu, pemerintah bisa mensubsidi masyarakat yang tidak mampu. Itu dilakukan semasa lockdown. Tidak hanya Indonesia, negara lain juga melakukan itu. Perlindungan warga harus diutamakan," tutur Saleh. (Pro/OL-09)

BERITA TERKAIT