14 March 2020, 09:39 WIB

Virus Korona Telah Merambah ke Sejumlah Negara Afrika


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

KENDATI sebagian besar Afrika masih terhindar dari penyebaran virus korona baru (Covid-19) yang cepat, semakin banyak negara di benua itu yang terpapar.

Kenya, Ethiopia, Sudan, dan Guinea mengumumkan kasus pertama mereka yang terkonfirmasi, Jumat (13/3), saat penyakit mematikan ini sekarang telah menyebar ke setidaknya 18 negara di Afrika.

Negara-negara Afrika lainnya yang melaporkan kasus Covid-19 adalah Maroko, Tunisia, Mesir, Aljazair, Senegal, Togo, Kamerun, Burkina Faso, Republik Demokratik Kongo (DRC), Afrika Selatan, Nigeria, Pantai Gading, Gabon dan Ghana. Sebagian besar total negara masih dalam angka tunggal.

Kenya adalah ekonomi terkaya di Afrika Timur dan pusat bagi perusahaan global dan PBB. Ethiopia adalah negara terpadat kedua di Afrika, dengan 109 juta penduduk.

Tes kesehatan cepat dan karantina telah dilakukan untuk membatasi penularan. Tetapi kekhawatiran tumbuh tentang kemampuan benua ini untuk menangani penyakit ini.

Di ibu kota Kenya, Nairobi, pemerintah melarang semua acara publik besar dan mengatakan mereka akan membatasi perjalanan ke luar negeri.

Wali Kota Addis Ababa mendesak warga untuk menghindari kontak pribadi yang dekat tetapi menteri kesehatan mengatakan tidak ada rencana untuk membatalkan penerbangan.

Sebagian besar kasus yang dilaporkan di Afrika adalah orang asing atau orang yang bepergian ke luar negeri. (Al Jazeera/Hym/OL-09)

BERITA TERKAIT