13 March 2020, 23:13 WIB

NasDem Dinilai Punya Kaderisasi yang Baik


Faustinus Nua | Politik dan Hukum

PARTAI NasDem dinilai Indonesia Political Opinion (IPO) sebagai salah satu partai yang empunyai tingkat kaderisasi terbaik. Pasalnya proses rekrutmen dilakukan secara reguler dan berkala.

"Kalau boleh menguji partai NasDem-lah yang kaderisasinya baik. Karena mereka melakukan secara berjenjang atau regular. NasDem punya pengkaderan regular sehingga terlihat jadi bagus," kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah seusai diskusi media di Jakarta (13/3).

Ia menjelaskan, kaderisasi yang dilakukan secara regular di partai NasDem memungkinkan munculnya tokoh-tokoh muda. Selain itu, kekuatan di dalam internal partai pun terlihat merata dengan sejumlah tokoh yang terlibat di pemerintahan, legislatif hingga pemimpin daerah.

"Kemudian Surya Paloh tidak muncul sebagai one man show di NasDem. Tapi (partai) yang lain justru mempraktikan oligarkis di partai," imbuhnya.

Baca juga : Kader Partai Demokrat Yakin AHY Paling Tepat Gantikan SBY

Dedi pun mengkritik partai yang lebih banyak merekrut tokoh muda independen yang sudah memiliki popularitas saat akan berkontestasi dalam Pemilu dan Pilkada.

"Artinya (kader parpol) dikalahkan oleh tokoh-tokoh independen yang bisa menggabungkan kekuatan. Seperti Sandiaga Uno, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, mereka muncul (popular) bukan dari parpol tapi independen," kata dia.

Dia menambahkan, dalam konstelasi politik 2024, diharapkan muncul kader-kader muda. Untuk itu regenerasi atau kaderisasi di partai politik perlu dilakukan secara regular mulai sekarang.(OL-7)

BERITA TERKAIT