13 March 2020, 22:07 WIB

Liga 1 Tunggu Rekomendasi Kemenkes Untuk Hentikan Kompetisi


Akmal Fauzi | Sepak Bola

KOMPETISI sepak bola Indoensia, Liga 1 dan Liga 2 dipastikan terus berlanjut di tengah terus bertambahnya kasus virus korona Covid-19 di Indonesia. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyebutkan, pihaknya menunggu saran dari Kementerian Kesehatan soal penghentian kompetisi sepak bola Indonesia.

"Kalau itu sudah datang dari otoritas yang mengatur atau Kemenkes, mau tidak mau itu harus kita sampaikan untuk menghentikan. Tapi kalau dari sananya belum ada (tidak bisa)," ujarnya.

Direktur PT. Liga Indonesia Baru (LIB) Cucu Soemantri menegaskan akan mengedepankan keselamatan dan kenyamanan para atlet, ofisial, dan penggemar yang datang ke arena pertandingan.

Tapi yang jelas, Liga 1 2020 tetap akan bergulir sesuai jadwal. Bahkan, Liga 2 2020 yang akan dimulai di Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (14/3), dipastikan tetap berlangsung.

Namun, Cucu mengatakan pertandingan Persiba Balikpapan melawan Kalteng Putra akan berlangsung tanpa penonton.

Baca juga : Ulah Suporter buat Persiraja Harus Bayar Denda Rp55 juta

“Dalam rangka pencegahan virus korona ini, kami akan membuat SOP dan peningkatan kesehatan dengan kerja sama dengan Kementerian Kesehatan," ucap Cucu.

Cucu menuturkan, PT. LIB akan mengikuti arahan Kemenpora terkait dampak pandemi virus korona terhadap kompetisi sepak bola di Tanah Air. Nantinya, akan ada protokol yang mengatur pertandingan untuk mencegah penyebaran virus corona covid-19.

"Protokol bukan hanya untuk penonton tetapi pemain, pelatih dan pendukung. Nanti protokol ini akan dipimpin Kemeterian Kesehatan," kata Cucu.

PT. LIB, kata Cucu, akan menerapkan prosedur standar pencegahan di stadion seperti pengecekan suhu tubuh. (OL-7)

 

BERITA TERKAIT