13 March 2020, 20:41 WIB

Ibu Hamil dan Bocah 10 Tahun di Tegal Meninggal Dunia karena DBD


Supardji Rasban | Nusantara

SEORANG ibu berumur 22 tahun yang tengah hamil dan seorang anak berusia 10 tahun dilaporkan meninggal dunia karena demam berdarah dengue (DBD) di dua rumah sakit berbeda di Kota Tegal, Jawa Tengah.

"Yang terbaru anak usia 10 tahun, kemarin meninggal di RSI Harapan Anda. Sebelumnya ibu hamil usia 22 tahun pasien DBD yang dirawat di RSUD Kardinah juga meniggal," ujar Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (PPP) Dinkes Kota Tegal, Imam Sahadat, Jumat (13/3).

Baca juga: Pemerintah Fokus Cegah DB Jadi KLB

Imam menyebut anak usia 10 tahun dengan inisial H dirawat di RSI Harapan Anda sejak 12 Februari. "Dirawat sebulan akhirnya pada 12 Maret dilaporkan meninggal," ucap Imam.

Untuk korban ibu hamil, Imam masih enggan menyebutkan identitasnya. Sedangkan dua korban yang meninggal merupakan kasus DBD ke-14 dan 15 sepanjang Januari hingga 12 Maret 2020.

Baca juga: DBD Merebak, Wapres Minta PSN Digalakkan Kembali

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tegal Yuli Prasetya mengungkapkan, sepanjang 2019, tercatat ada 90 kasus DBD. Tiga orang di antaranya harus kehilangan nyawa.

Baca juga: Tak Punya BPJS, Korban DBD di Belu Takut Berobat Hingga Meninggal

Menurut Yuli, Kota Tegal termasuk endemis demam berdarah. Yuli mengimbau masyarakat untuk menggencarkan PSN yang menjadi satu langkah antisipasi yang harus dikerjakan.

"Masyarakat kami minta agar melaksanakan PSN secara rutin setidaknya 4 sampai 5 hari sekali untuk membersihkan sarang nyamuk," ucap Yuli. (X-15)

BERITA TERKAIT