13 March 2020, 20:05 WIB

UI Terapkan Kuliah Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Korona


Akhmad Mustain | Humaniora

PIMPINAN Universitas Indonesia (UI) memutuskan menerapkan sistem kuliah jarak jauh sebagai respon atas pandemik covid-19. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran infeksi Covid-19 di lingkungan UI dan mengantisipasi berbagai keadaan yang mungkin terjadi.

Dalam surat edaran yang ditandatangani oleh Rektor UI Ari Kuncoro tersebut, terhitung sejak hari Rabu (18/3), hingga berakhirnya semester genap Tahun Ajaran 2019/2020, mengubah KBM dalam bentuk kuliah tatap muka menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Pimpinan UI juga menghimbau seluruh mahasiswa yang menghuni asrama rumah-rumah kost di sekitar Kampus UI untuk sesegera mungkin kembali, pulang ke rumah orang tua dan keluarga masing-masing.

"Mahasiswa yang oleh karena suatu alasan tidak dapat meninggalkan Asrama UI dan rumah kost di sekitar Kampus UI diminta untuk melaporkan diri kepada Kepala Asrama UI dan/atau Manajer Kemahasiswaan Fakultas; dan selanjutnya akan dipantau," bunyi edaran tersebut.

Selain itu, civitas akademika di UI dihimbau juga agar menunda atau menjadwal ulang penyelenggaraan KBM dalam bentuk praktik lapangan di masyarakat seperti Kuliah Kerja Nyata dan Praktik Belajar Lapangan; atau menggantinya dengan metode pembelajaran lain. (RO/OL-4)

BERITA TERKAIT