13 March 2020, 18:42 WIB

Anies Tutup Ancol, Monas, Ragunan dan Museum Selama Dua Pekan


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan bahwa destinasi tempat wisata di DKI Jakarta seperti Monas, Ancol, Ragunan dan museum ditutup untuk mencegahnya penularan virus korona Covid 19.

"Nah mulai Sabtu Minggu besok tempat-tempat destinasi milik DKI akan ditutup dalam dua minggu kedepan. Tujuannya menimalkan pertemuan warga di keramaian," kata Anies saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (13/2).

Anies memang sudah gencar mengimbau kepada seluruh warganya untuk mengurangi kegiatan di keramaian. Kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau dikenal Car Free Day pun juga ditiadakan selama dua pekan kedepan.

"Seluruh masyarakat Jakarta untuk prioritaskan kegiatan di rumah dan pemukiman sekitar. Kurangi di tempat ramai. Sebisa mungkin batasi interaksi dengan kerumunan orang banyak dan sebisa mungkin berkegiatan secara terbatas," tutur Anies.

Baca juga: Soal Antisipasi Korona, Ombudsman DKI: MRT Paling Siap

Selama proses penutupan itu, kata Anies, pihaknya akan melakukan penyemprotan cairan disinfektan, untuk menanggulangi penyebaran virus menular dari Wuhan, Tiongkok tersebut.

"Nah pesan paling utana bagi masyarakat Indonesia lakukan social distancing major. 1 meter mungkin kalau bisa (dijaga jarak) pertemuannya. Hindari jabat tangan dan berpelukan, gandeng tangan karena potensinya tinggi," tandas Anies.

Diketahui, Juru Bicara untuk Penanganan Virus Korona di Indonesia Achmad Yurianto menyampaikan bahwa pasien positif Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 69 orang. Hari ini Yurianto mengumumkan tambahan 35 pasien pasien positif Korona. (OL-4)

BERITA TERKAIT