13 March 2020, 18:00 WIB

Antisipasi Korona, Dirjen Hubdar Siapkan Skema Saat Lebaran


Hilda Julaika | Politik dan Hukum

LARANGAN berkumpul ditengah keramaian secara berlebihan akan menjadi skema lanjutan untuk mengantisipasi menyebaran covid-19, jika semakin banyak warga yang terpapar, saat mudik lebaran ini.

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat (Hubdar), Budi Setiyadi, pihaknya memang telah menyiapkan beberapa skema pnyebaran virus korona saat lebaran.

''Namun saat ini skema yang digunakan masih menggunakan skema seperti tahun sebelumnya karena masih dinilai kondusif,'' ujarnya, Jumat (13/3).

Jika kondisi ini meluas diperkirakan banyak warga yang melakukan mudik menggunakan kendaraan pribadi. Maka skema untuk kondisi ini pun disiapkan. Namun, ia meyakinkan pemerintah masih memiliki waktu untuk melakukan perbaikan (recovery) atas kondisi ini.

“Kita siapkan skema katakan korona memang sudah masuk ke kita, tapi saya tetap berlakukan skema yang sekarang. Kalau memang skema ini meluas pikiran saya masyarakat pasti banyak yang menggunakan kendaraan pribadi,” paparnya.

Adapun bentuk antisipasi yang sudah pemerintah lakukan di sektor transportasi darat ini adalah dengan mengeluarkan surat edaran. Surat ini menginstruksikan adanya upaya pencegahan dan penanganan di simpul transportasi darat.

Sementara itu, Direktur Angkutan Darat dan Antarmoda Ahmad Yani mencontohkan dengan antisipasi di sektor pelabuhan. Di sana sudah disediakan thermal scanner yang disesuaikan dengan protocol. Serta ke depannya akan dirujukan agar sesuai dengan standard operating procedure (SOP). Termasuk dilakukannya pembersihan massal di pelabuhan dan kapal-kapal yang beroperasi.

“Antisipasi korona untuk Lebaran, sekarang sudah ada ih. Kami ada thermal scanner., Sesuai protokol. Nanti ada rujukan sesuai SOP. Paling penting di pelabuhan kami ada pembersihan massal di pelabuhan dan kapal-kapal kami. Kalu kita bersih mestinya virus kuman akan lebih bersih,” paparnya. (OL-2)

BERITA TERKAIT