13 March 2020, 17:10 WIB

UEFA Kaji Penundaan Euro 2020 Karena Korona


Akmal Fauzi | Sepak Bola

FEDERASI Sepak Bola Eropa (UEFA) mempertimbangkan kemungkinan untuk menunda Piala Eropa (EURO) 2020. Hal ini dilakukan setelah wabah virus corona (Covid-19) menyebar di hampir seluruh penjuru Eropa.

UEFA sudah mengundang perwakilan dari 55 anggota asosiasi termasuk para anggota dewan klub Eropa, Liga Europa serta perwakilan FIFPro. Mereka diminta mengikuti videoconference pada Selasa (17/3) untuk membahas agenda UEFA yang banyak terganggu Covid-19 serta kemungkinan ditundanya EURO hingga satu tahun.

“Diskusi akan mencakup semua kompetisi domestik dan Eropa termasuk EURO 2020. Komunikasi lebih lanjut akan dilakukan setelah pertemuan-pertemuan tersebut,” denukian pernyataan UEFA, Jum’at (13/3).

Euro 2020 sedikit berbeda dengan yang sebelumnya. Jika tuan rumah dipilih satu atau dua negara, kali ini kejuaraan yang digelar pada 12 Juni sampai dengan 12 Juli 2020 itu ada 12 kota di Eropa yang menjadi penyelenggara untuk fase grup.

Persoalannya, sejumlah negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah seperti Italia dan Spanyol saat ini telah melakukan isolasi di sejumlah kota, sehingga kemungkinan besar tak bisa menggelar pertandingan yang dihadiri banyak penonton.

Saat ini 20 negara sudah dipastikan lolos ke putaran final EURO 2020, sementara empat slot lainnya bakal diperebutkan oleh sepuluh tim yang masuk babak play-off. Hal itu pun membuat EURO 2020 terancam tak bisa mendapat kuota 24 tim peserta. (Theguardian/OL-4)

BERITA TERKAIT