13 March 2020, 16:20 WIB

Jokowi: Task Force Covid-19 sudah Kerja Sejak Wuhan Lockdown


Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo membantah anggapan bahwa pemerintah lamban dalam menangani merebaknya kasus infeksi virus korona (Covid-19). Menurut dia, sudah ada satuan tugas (task force) yang sejak lama dibentuk dan dipimpin langsung oleh dirinya.

"Sejak awal saya sampaikan bahwa organisasi task force ini sudah ada. Saya komandani sendiri," kata Jokowi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (13/3).

Baca juga: Presiden: Kepala BNPB Pimpin Tim Reaksi Cepat Penanganan Covid-19

Menurut dia, task force tersebut telah bergerak sejak Wuhan, Hubei, Tiongkok, di-lock down, beberapa waktu lalu. "Saya berikan contoh, waktu evakuasi di Wuhan, hanya dalam dua hari kita putuskan kemudian kita siapkan tempat-tempatnya. Oleh TNI di Natuna disiapkan, oleh BNPB. Kecepatan itu yang ingin saya sampaikan," tegasnya.

Lebih jauh Jokowi mengatakan, task force yang ia pimpin bakal dibantu oleh tim reaksi cepat. Tim Reaksi Cepat Penanganan Covid-19 dipimpin oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dan dibantu oleh aparat intelijen dari sejumlah institusi negara.

"Saya sampaikan tim reaksi cepat yang dibantu dari intelijen BIN, dibantu dari intelijen Polri dan TNI. Setiap ada yang baru, pasti ini yang bergerak," tegasnya.

Baca juga: Antisipasi Korona, Bagi-Bagi Masker Gratis Dilakukan di Bali

Tim tersebut, lanjut Jokowi, setiap ada kluster baru, tim reaksi cepat pasti langsung masuk. Salah satu tugas tim reaksi cepat ialah ketika ada pasien diduga positif virus korona di RSUD Muwardi Solo yang meninggal. "Setiap ada kluster baru, tim reaksi cepat kita pasti langsung masuk," ucap Jokowi. (A-3

BERITA TERKAIT