13 March 2020, 15:50 WIB

Permohonan Paspor Menurun Akibat Covid-19


Lina Herlina | Nusantara

Kantor Imigrasi Kelas 1 Makassar terlihat sepi sebab permintaan pembuatan paspor menurun. Hal ini merupakan dampak pandemi Covid-19.

 "Sejak munculnya kasus Covid-19, permohonan pembuatan paspor menurun sekitar 50 persen. Jadi, sekarang ini hanya 70-100 per hari. Tadinya bisa sekitar 160-200 per hari," ungkap Kepala Kantor Imigrasi Makassar Andi Pallawarukka, Jumat (13/3).

Penurunan itu, lanjut Pallawarukka, memang terjadi menyusul merebaknya wabah Covid-19 di sejumlah negara. Namun yang paling mempengaruhi penurunan itu adalah sejak pemerintah Arab Saudi menyetop sementara umrah dari sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Baca juga: Paspor Hilang Denda Rp1 Juta

"Jadi, dengan ditutupnya ibadah umrah itu sangat berpengaruh sekali untuk permohonan di kantor imigrasi. Selebihnya adalah mereka yang hendak bekunjung ke negara lainnya," lanjut Pallawarukka.

Tidak hanya itu, penurunan permohonan pembuatan paspor juga terjadi pada layanan antrean permohonan paspor secara daring, yang dibuka setiap hari Jumat untuk antrean seminggu ke depan. "Padahal biasanya kalau kita buka antrean hari Jumat itu, baru beberapa jam paling sudah habis untuk satu minggu," tpungkasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT